Universitas Mataram Dorong Mahasiswa Berwirausaha Melalui Program P2MW

Universitas Mataram Dorong Mahasiswa Berwirausaha Melalui Program P2MW
Unram

AmpenanPost. Universitas Mataram (Unram) memberikan sosialisasi kepada mahasiswa terkait Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) di Gedung Dome pada Senin (23/5).

P2MW adalah program yang dibuka oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek untuk mahasiswa yang telah memiliki usaha agar dikembangkan melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan usaha. Melalui PM2W diharapkan dapat mendukung penguatan perekonomian Indonesia dengan mencetak sumber daya manusia (SDM) wirausaha.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Ir. Hj. Enny Yuliani, M.Si., Kepala Biro Akademik, Kerjasama dan Perencanaan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Program Studi, dan mahasiswa di lingkup Unram.

Prof. Enny dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara, menyampaikan bahwa sosialisasi ini dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa Unram. “Tujuan program P2MW ini dalam rangka mendorong dan mencetak mahasiswa untuk menjalankan dan mengembangkan program kewirausahaan di universitas,” jelas Prof. Enny

Selain untuk melatih mahasiswa, program ini akan mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Unram. Di mana semakin banyak mahasiswa yang berprestasi di level nasional, IKU Unram juga akan meningkat.

“Mahasiswa perhatikan langkah-langkah apa yang harus dilakukan sebelum menyusun proposal, pahami syarat agar jangan keliru, format penulisannya seperti apa. Kalau idenya sudah bagus namun format penulisannya salah kan sayang sekali,” tegas Wakil Rektor 3.

Prof. Enny berharap agar para mahasiswa tetap bersemangat mempersiapkan diri dan berpartisipasi aktif dalam program P2MW.

Acara sosialisasi tersebut dimoderatori oleh Dewi Nur’aeni Setyowati, S.Pi., M.Biotech. dan menghadirkan 2 (dua) orang narasumber, yaitu Dr. Ir. Irwan, M.Si. dan Drs. Jackson Siahaan, M.Pd.

Dr. Irwan dalam pemaparan materinya terkait program P2MW menyebutkan bahwa di tahun lalu Unram hanya mendapat 3 judul yang didanai oleh Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI). Ia berharap agar di tahun ini dengan adanya P2MW, semakin banyak proposal kewirausaahan mahasiswa yang didanai.

Beberapa usaha yang telah dibangun oleh mahasiswa Unram di antaranya usaha Klobot Jagung, usaha Koloni Lebah Trigona, usaha Perdagangan Gurita dan Belut Moray Laut, dan sebagainya. Adapun kategori usaha yang termasuk dalam program P2MW adalah kategori makanan dan minuman, produksi/budidaya, industry kreatif, seni, budaya, dan pariwisata, jasa dan perdagangan, serta teknologi terapan.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Drs. Jackson mengenai penyusunan proposal. Drs. Jackson menyampaikan beberapa hal penting yang harus dipahami dalam penyususan proposal, seperti latar belakang, deskripsi usaha, serta kegiatan dan penggunaan anggaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here