Universitas Mataram Tandatangani Nota Kesepahaman dengan PT. Telkom Indonesia

Universitas Mataram Tandatangani Nota Kesepahaman dengan PT. Telkom Indonesia

AmpenanPost. Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St Ph.D. tandatangani nota kesepahaman dengan PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) tentang Pengembangan Digital Ecosystem Internet of Things dan Sosialisasi Program Digital Talent di Ruang Sidang Rektor Gedung Rektorat Unram, Jumat (01/04).

Kegiatan sebelum penandatanganan Nota kesepahaman, Telkom telebih dahulu melakukan Campus and Career Roadshow “Digistar Connect” yang dirangkaikan dengan Inspiring Talkshow yang diisi oleh Saipul Hidajat selaku EVP Digital Business and Technology Telkom Indonesia.

Pada kesempatan acara tersebut, Telkom mensosialisasikan berbagai peluang yang dapat diambil oleh mahasiswa unram yang ingin menapaki karir bersama Telkom.

Dalam agenda penandatanganan nota kesepahaman, Rektor Unram ditemani oleh Wakil Rektor, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP), Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK), Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) dan Dekan Fakultas di lingkup Unram.

Dalam rombongan Telkom kali ini, turut pula hadir, Saiful hidayat, (EVP Digital business and Technology), Syaiful Rohmand (GM Witel NTB), Ibnu Alinursafa (Tribe leader IoT Platform and services) dan rombongan lainnya.

Rektor Unram dalam sambutannya menyampaikan bahwa ia berharap mahasiswa Unram memiliki kesempatan untuk magang atau bahkan bekerja setelah magang di Telkom.

“Hal ini kesempatan yang luar biasa dan bisa mendukung kita mencapai target Indikator Kerja Utama (IKU)”, kata Prof. Bambang.

Rektor Prof. Bambang menjelaskan bahwa kementrian saat ini melihat kegiatan perguruan tinggi melalui 8 IKU. Sehingga perguruan tinggi diwajibkan untuk memastikan anak didik yang sudah selesai pendidikan, kalau tidak melanjutkan studi dan berwirausaha harus segera mendapatkan pekerjaan.

Melalui kerjasama dengan Telkom, Rektor Unram menyambut baik kesempatan ini. Ia juga menyampaikan bahwa jika alumni segera bekerja maka pengisian Tracer Study juga akan menjadi lebih baik dan mencapai IKU sesuai target.

“Peluang lainnya untuk meningkatkan IKU yaitu praktisi yang ada di Telkom masuk mengajar di Unram. Sehingga mahasiwa yang ingin belajar berkaitan dengan teknik digital bisa mendapatkan tutorial dan training, contohnya mahasiswa yang ingin membangun Start up” Kata Prof. Bambang.

Untuk merespon harapan Rektor Unram, EVP Digital Business and Technology Telkom menyampaikan bahwa untuk mengisi kuliah tamu, Telkom sangat terbuka. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa mahasiswa bisa mengikuti program Internship (magang) melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Telkom.

“Internship tidak harus berasal dari teknik saja. Karena digitalisasi kami masuk ke dalam semua sektor” Kata Saiful Hidayat.

Saiful juga menjelaskan bahwa saat ini PT. Telkom masih kekurangan Digital Talent yang mengerti bidang vertikalnya. Dan ini merupakan peluang bagi Univeritas Mataram untuk menciptakan digital talent dari semua fakultas. Ia juga menambahkan bahwa setelah magang di Telkom, mahasiswa mendapatkan nilai positif lebih untuk bekerja di Telkom dibandingkan dengan pelamar yang mengikuti jalur umum.

Pada inti acara, Rektor Unram dan EVP Digital business and Technology Telkom Indonesia menandatangani nota kesepahaman yang diharapkan segera merealisasikan berbagai bentuk kerjasama.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here