Sebelum MotoGP Mandalika Polda NTB Patroli Laut Dan Udara

Sebelum MotoGP Mandalika Polda NTB Patroli Laut Dan Udara

AmpenanNews. Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) kerahkan personel Polisi Air dan Udara (Polairud) lakukan patroli di Perairan Mandalika sehari sebelum Race MotoGP Mandalika, yakni di hari Kamis (17/3/2022).

Empat Kapal Polair dan satu Helikopter diterjunkan dalam patroli itu, guna memastikan kondisi perairan Mandalika Aman sebelum MotoGP Mandalika yang resmi disebut Pertamina Grand Prix of Indonesia ini digelar mulai Jumat 18 hingga Minggu 20 Maret 2022.

Kapal yang diterjunkan antaranya, Kapal Baladewa 8002 milik Korpolairud Baharkam Polri, Kapal Polisi Cepat (KPC) 2013 dan Kapal Intercept 01 serta Intercept 02.

Mengawali Patroli Pengamanan MotoGP Mandalika itu, Polairud Polda NTB, memberikan pelayanan Vaksinasi kepada warga Kuta Lombok Tengah, didekat dermaga Apung Kuta.

Kapolda NTB bersama dua Jendral dan 5 Kombes dari Mabes Polri ikut serta dalam patroli tersebut.

Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan, pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau yang sering disebut MotoGP Mandalika menjadi prioritas utama pengamanan Polda NTB selama event berlangsung.

Baik saat tes lintasan, kwalifikasi hingga race selesai Polda NTB khususnya Polairud akan terus berpatroli untuk memastikan Pertamina Grand Prix of Indonesia berjalan lancar dan aman.

“kita sudah menerjunkan sekian ribu personel untuk mengamankan Pertamina Grand Prix of Indonesia yang lebih sering disebut MotoGP Mandalika ini, termasuk personel yang akan mengamankan event dari laut dan udara,” jelasnya.

Tidak hanya perairan Mandalika saja yang menjadi fokus pengamanan laut dan udara ini, tetapi juga 5 pintu masuk juga sudah di siapkan personel dan strategi pengamanannya.

“kita sudah berkali-kali menggelar latihan dan simulasi pengamanan MotoGP ini, beberapa hari lalu kita latihan di Gili Mas, di 5 titik masuk penonton kita sudah lakukan simulasi, agar event dunia ini berjalan lancar,” tandasnya.

Lebih lanjut Direktur Polairud Polda NTB Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga menegaskan bahwa, sehari sebelum MotoGP Mandalika berlangsung pihaknya mulai meningkatkan patroli perairan, agar Pertamina Grand Prix of Indonesia ini berjalan aman dan lancar.

“ha min satu, kita sudah mulai meningkatkan patroli perairan, untuk memelihara Harkamtibmas, saat MotoGP Mandalika berlangsung,” ungkapnya.

Untuk memberikan rasa aman bagi warga terlebih penonton MotoGP Mandalika, Polairud sudah menempatkan Personel di 3 titik yang diprediksi akan ramai pengunjung.

Tiga titik tersebut yakni, di Pantai Kuta Mandalika, Pantai Seger dan Pantai Tanjung A,an.

Ditiga titik tersebut Polairud menyiapkan Pos pengamanan yang terdiri dari Posko Utama di Pantai Kuta Mandalika, Berikutnya Pos Patroli Pantai di Pantai Seger dan satu Pos di Tanjung A’an.

Personel yang diterjunkan berjumlah 123 orang, terdiri dari 37 personel Kapal Baladewa 8002, Kapal Muarai 4018 sebanyak 17 orang, Helikopter AW 169 sebanyak 4 orang dan dari Polairud Polda NTB 65.

“Alhamdulillah di semua pintu masuk Lombok sejauh ini masih aman, meski jumlah pengunjung sudah mulai ada peningkatan,” ujarnya.

Kendati demikian, Kombes Pol Kobul bersama personelnya akan terus melakukan pemantauan, untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here