Kominfo Tingkatkan Kualitas Jaringan di Area Sirkuit Mandalika – Ampenan Post

Kominfo Tingkatkan Kualitas Jaringan di Area Sirkuit Mandalika
Foto: Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI), Ismail saat bertemu Wakil Gubernur NTB, Sabtu, (19/03/22) di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Mataram, Ampenanpost.com Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) memastikan terus melakukan peningkatan kualitas jaringan atau optimasi sarana telekomunikasi di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peningkatan serangkaian infrastruktur jaringan telekomunikasi yang berkualitas tersebut dilakukan guna mendukung gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022, di Sirkuit Mandalika.

Hal tersebut disampaikan oleh  Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI), Ismail dalam kegiatan Press Conference, Sabtu, (19/03/22) di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Dirjen SDPPI, Ismail mengatakan ada dua hal utama yang dilakukan Kominfo RI untuk menunjang Perhelatan MotoGP Mandalika NTB. Pertama adalah penguatan infrastruktur jaringan di area Sirkuit Mandalika, dan yang kedua optimasi area blank spot atau lemah sinyal di NTB.

Ismail menjelaskan, 4 layer telekomunikasi sebagai layer backbone infrastruktur jaringan telah disiapkan di Kawasan Mandalika. Fiks broadband untuk Wifi serta Mobile broad bank dengan kapasitas seratus ribu pengunjung.

“Di Kawasan lain biasanya hanya 2 layer, di Mandalika terpasang 4. Infrastruktur telekomunikasi Insyaallah sudah aman,” kata Ismail.

Menurut Ismail, peningkatan optimasi jaringan telekomunikasi ini terus dilakukan. Salah satunya dari pihak PT Telkomsel telah meningkatkan jaringan telekomunikasi yang berkualitas tersebut ke seluruh pelosok Pulau Lombok.

“Pekan lalu, sudah dilakukan optimasi oleh PT Telkomsel, karena itu jaringan 5G di Sirkuit Mandalika terutama sangat optimal,” terangnya.

Sementara untuk 104 Blank Spot Area atau Area Lemah Signal yang menjadi laporan Diskominfotik NTB, Kominfo RI telah memetakan ada 85 titik yang akan di follow up. Dari 85 titik tersebut, 35 titik akan dikerjakan melalui projects Bakti Kominfo, sementara 50 titik oleh Telkomsel.

“Dari 85 Desa, terdapat 35 Desa desa 3T yang akan dibangun oleh Bakti Kominfo. 27 Desa akan dibangun dengan peningkatan jangkauan dan kapasitas BTS eksisting Telkomsel, dan 23 Desa akan dibangun sebagai komitmen non 3t Telkomsel,” urainya.

Lebih lanjut, Dirjen SDPPI Kominfo RI ini menyampaikan dukungan masyarakat sangat diperlukan. Ia mendoakan agar NTB bisa menjadi salah satu provinsi yang akan melaju pesat di Indonesia.

“Semoga di tahun 2022 ini dapat kita selesaikan prosesnya sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari optimasi jaringan komunikasi ini,” harap Ismail.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here