Hari Jadi ke-6, Aruna Gandeng Kominfo RI untuk Dukung Rantai Pasok Perikanan – Ampenan Post

Hari Jadi ke-6, Aruna Gandeng Kominfo RI untuk Dukung Rantai Pasok Perikanan
Foto: kegiatan Adopsi Teknologi Digital bagi Nelayan Aruna di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (23/02/22).

Dompu, Ampenanpost.com Aruna melalui Yayasan Maritim menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI untuk melakukan kegiatan Adopsi Teknologi Digital bagi Nelayan Aruna di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (23/02/22).

Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung peningkatan pemanfaatan teknologi digital pada rantai pasok produk perikanan berbasis digital melalui edukasi teknologi digital kepada nelayan di wilayah pesisir.

Membuka acara tersebut, Ir. Wijayanto, N.M. selaku Koordinator Inisiatif Digital Sektor Strategis, Kominfo RI mengatakan, Seiring dengan berkembangnya zaman, ditambah dengan munculnya pandemi Covid-19 yang, percepatan atau akselerasi digital pun akhirnya terjadi.

Hal ini semakin mendorong semua pihak untuk turut bergeser ke arah digital, tak terkecuali para nelayan. Untuk itu Kominfo RI hadir guna berkolaborasi dengan startup teknologi seperti Aruna yang pun memiliki visi yang sama untuk melakukan transformasi digital.

“Semakin banyak nelayan yang go digital, akan semakin terjamin pula traceability komoditas mereka. Dengan demikian, komoditas mereka pun akan kian diminati, terutama di pasar global,” ungkapnya.

Komitmen kerja sama secara simbolis ditandai dengan pengiriman ikan ke Aruna Hub yang dilakukan oleh Ayu Asriani S.Pi sebagai Community Development Aruna bersama Wijayanto dan Sariful Alam S.Pi selaku Kepala Bidang Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu.

“Masih dalam nuansa hari jadi Aruna yang ke-6, hal ini menjadi bentuk keseriusan Aruna dalam membantu Nelayan Aruna untuk dapat menembus pasar yang lebih luas,” ujarnya.

“Perwakilan Yayasan Maritim juga turut hadir dalam seremonial ini untuk menegaskan kesediaannya dalam proyek sosial yang melibatkan kehidupan masyarakat pesisir di Indonesia,” pungkasnya.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here