Resmi Dilantik, LAPMI Diharapkan Menjadi Ruang Karya Bersama Kader HMI Mataram – Ampenan Post

Resmi Dilantik, LAPMI Diharapkan Menjadi Ruang Karya Bersama Kader HMI Mataram
Foto: Pengambilan Sumpah saat pelantikan LAPMI Mataram.(Ampenanpost.com/Ist).

Mataram, Ampenanpost.com – Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Mataram menggelar pelantikan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (19/02/22).

Pelantikan LAPMI HMI Cabang Mataram periode 2022-2023 di bawah kepemimpinan Ari Kuswandi Arbi kali ini mengusung tema “Mewujudkan Produktifitas, Profesionalitas, dan Informatif Menuju LAPMI Cemerlang”.

Pelaksanaan agenda pelantikan kali ini diakui oleh ketua panitia tidak selalu berjalan mulus, selalu ada tantangan dan hambatan dalam mensukseskan acara tersebut.

“Pada persiapan pelantikan ini, kami tim kepanitiaan mendapati berbagai tantangan dan hambatan. Tetapi kami mampu menyelesaikannya”, kata M. Ibrahim Kholidi, selaku ketua panitia dalam laporannya.

Setelah laporan ketua panitia, rangakaian acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan dan pengesahan oleh bidang Pembinaan Aparatur Organisasi (PAO) HMI Cabang Mataram, yaitu Muhammad Rabbani.

Sedangkan untuk pembaiatan, dipandu langsung oleh ketua umum HMI Cabang Mataram, yaitu Pahri Rahman.

Kemudian rangkaian acara pelantikan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, baik dari Direktur Utama, Ketua Umum Cabang sampai alumni LAPMI HMI Cabang Mataram.

Dalam sambutannya, Direktur Utama LAPMI HMI Cabang Mataram yaitu Ari Kuswandi Arbi dengan tegas menyanggah pandangan negatif kader HMI tentang lemabaga.

“Banyak kader HMI, terutama yang ada di Cabang Mataram menganggap lembaga itu sebagai tempat penampungan, tempat parkir bus, dan hal yang tidak menarik lainnya. Tentu pendapat tersebut tidak tepat dan pendapat orang-orang tersebut tidak visioner,” tegasnya.

Kemudian Arbi juga menjelaskan tentang spirit kehadiran lemabaga di tubuh HMI.

“Kehadiran lembaga di tubuh HMI tentu tidak begitu saja hadir, ia hadir karena tuntutan zaman dan merupakan sebuah upaya mempertajam gerakan HMI dalam mencapai visi/misi HMI”

Lebih dalam, Arbi memaparkan kebutuhan manusia saat ini, dan berkesimpulan bahwa HMI telah sejalan dengan perkembangan zaman saat ini.

“Kebutuhan umat manusia menurut Yuval Noah Harari saat ini ada 3 (tiga), yaitu Kemampuan ber-adaptasi, ber-jejaring, dan memiliki tools/skill. Kehadiran lembaga sejatinya untuk menjawab hal tersebut, dan sebenarnya HMI melalui lembaga nya sudah lebih dahulu mempersiapkan ke arah sana, bahkan jauh sebelum harari menerbitkan buku-bukunya”. bebernya.

Kemudian Arbi juga sdikit menyinggung soal Visi besarnya, dan mengajak pengurus-pengurusnya untuk berperan aktif dalam organisasi 1 (satu) tahun kedepan.

“Tagline LAPMI kali ini adalah cemerlang bersama LAPMI. Ini tidak muncul begitu saja, tapi ini merupakan do’a dan harapan. Bahwa upaya kolaborasi harus dilakukan dalam menjalankan organisasi. Semua anggota harus berperan aktif, bukan hanya ketua, tetapi anggota-anggota juga harus aktif dan berperan. Semua pengurus bekerja bersama, berkarya bersama, sehingga pada ujungnya cemerlang bersama,” terangnya.

Lebih jauh lagi dalam sambutannya, Direktur demisioner, yaitu Asi Anggara mengajak dan mendorong untuk memajukan LAPMI.

“Dengan memajukan LAPMI otomatis kalian telah memajukan HMI, maka, mari berbuat dan majukan LAPMI,” pungkasnya.

Kemudian Ketua Umum HMI Cabang Mataram, yaitu Pahri Rahaman dalam sambutannya juga mendorong untuk lembaga-lembaga yang lain juga ikut diaktifkan.

“Saya ucapkan selamat kepada Direktur LAPMI yang baru, adik Ari Kuswandi Arbi. Untuk selanjutnya, tugas kami adalah mendorong lembaga-lembaga yang lain untuk segera di aktipkan,” pungkasnya

Kemudian sambutan terakhir disampaikan oleh Senior LAPMI HMI Cabang Mataram, yaitu Sudarman Effendi. Ia menrangkan tentang level antara satu organisasi dengan organisasi yang lain.

“Untuk mengukur level sebuah organisasi, hal itu bisa dilihat dari lembaga-lembaga kekaryaan yang aktif di dalamnya. Saat ini HMI di cabang-cabang yang ada di NTB sangat minim lembaga kekaryaanya yang aktif. Itu bisa menjadi ukuran, dan nilai lebih HMI Cabang Mataram dibandingkan dengan cabang-caban yang lain”. terangnya.

Kemudian Arman juga menekankan bagi kepengurusan yang baru untuk mempertegas standar-standar target yang akan dicapai.

“Untuk kepengurusan LAPMI yang baru di bawah kepemimpinan adinda Arbi, kalian harus memperjelas standar-standar target yang ingin di capai selama kepengurusan, hal itu merupakan upaya untuk mengkur sejauh mana kinerja dan perkembangan kepengurusan,” tutupnya.(red)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here