Mahasiswa KKN UNRAM Luncurkan Produk keripik Daun Kelor Bersama BUMDes dan Ibu-ibu PKK di Desa Pandan Wangi – Ampenan Post

Mahasiswa KKN UNRAM Luncurkan Produk keripik Daun Kelor Bersama BUMDes dan Ibu-ibu PKK di Desa Pandan Wangi
Foto: Sejumlah Mahasiswa KKN UNRAM saat Luncurkan Produk keripik Daun Kelor bersama Bumdes dan Ibu-ibu PKK di Desa Pandan Wangi.(Ampenanpost.com/Ist).

Ampenanpost.comKegiatan sosialisasi dan pelatihan cipta produk keripik daun kelor di aula kantor Desa Pandan Wangi Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur dengan judul “Sosialisasi dan Pelatihan Cipta Produk Keripik Daun Kelor Guna Memanfaatkan Sumber Daya Lokal Desa Pandan Wangi”.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini dibuka oleh sekretaris desa Pandan Wangi (Dedi Irawan, S.Pt) dan dihadiri oleh Pihak desa, BUMDes dan ibu-ibu PKK bersama kelompok KKN-Tematik UNRAM Desa Pandan Wangi. Kegiatan pelatihan pembuatan produk dipandu oleh saudari Loula Indarizka dari fakultas  teknologi pangan dan Agroindustri dibantu oleh rekan-rekan kelompok KKN Tematik UNRAM, kamis (27/01/22).

Loula Indarizka dalam pelatihan menyampaikan bahwa “daun kelor merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak dijumpai saat ini. Kelor memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, seperti antioksida dan kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah dan dapat menstabilkan kadar gula darah dan masih banyak lagi manfaat lainnya sehingga akan sangat baik jika dikembangkan di masyarakat apalagi diberi inovasi dalam penyajiaannya dalam bentuk produk baru”

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan cipta produk ini merupakan salah satu dari 3 program kerja utama kelompok KKN-Tematik UNRAM Desa Pandan Wangi sebagai bentuk aplikasi dari tema KKN Rumah Pangan Lestari. Sosialisasi dan Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan inovasi dalam pemanfaatan sumber daya lokal yang ada di Desa Pandan Wangi agar dapat diterapkan secara berkelanjutan oleh masyarakat setempat.

“Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan sebagai  bentuk partisipasi mahasiswa kelompok KKN-Tematik UNRAM Desa Pandan Wangi untuk menciptakan inovasi dalam mengembangkan Sumber Daya Lokal Masyarakat Desa Pandan Wangi dalam bentuk pemanfaatan daun kelor yang kemudian diolah menjadi keripik daun kelor. Besar harapan kami agar produk ini dapat dimanfaatkan dan dikembangkan kedepannya oleh masyarakat setempat terutama BUMDes dan ibu-ibu PKK” Jelas Ketua KKN-Tematik UNRAM Desa Pandan Wangi 2021/2022  Lalu Syamsarumi Winata Muhammad.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan cipta produk keripik daun kelor ini mendapat dukungan penuh dari pihak desa Pandan Wangi. Pihak BUMDes dan ibu-ibu PKK juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut.

“Terima kasih kami sampaikan kepada adik-adik mahasiswa atas inspirasinya karena telah memberikan inovasi yang luar biasa untuk memanfaatkan sumber daya yang ada yang sebelumnya hanya dimanfaatkan sebagai sayur oleh masyarakat, sekarang dapat di konsumsi dalam bentuk keripik sehat yaitu keripik daun kelor”

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan cipta produk keripik daun kelor ini dilengkapi dengan sesi tanya jawab. Terlihat dengan jelas antusias ibu-ibu PKK dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan terkait produk dan didukung oleh pemberian aplus dari peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Pada acara penutupan kegiatan sosialisasi dan pelatihan tesebut, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis produk yang telah dikemas dengan rapi dan siap dipasarkan yang diwakili oleh ketua kelompok KKN-Tematik UNRAM Desa Pandan Wangi Periode 2021-2022 Lalu Syamsarumi Winata Muhammad kepada pihak desa yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Dedi Irawan, S.Pt selaku sekretaris desa.(red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here