Siap-Siap! Lombok Tengah Akan Segera Terapkan E-Tilang – Ampenan Post

Siap-Siap! Lombok Tengah Akan Segera Terapkan E-Tilang
Foto: Kasat Lantas Polres Lombok Tengah, AKP Dony Wira Setiawan, Saat Gelar Pers Rilis di Halaman Polres Lombok Tengah pada Jum'at 31/12/21,(Ampenanpost.com/DI).

Lombok Tengah, Ampenanpost.com sebagai wilayah yang hendak menjadi tuan rumah pada berbagai kejuruan dunia nantinya. Kabupaten Lombok Tengah akan segera menerapkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-Tilang). Rencana untuk pemberlakukan E-Tilang itu sendiri belum dapat dipastikan kapan waktu penerapannya.

Kasat Lantas Polres Lombok Tengah, AKP Dony Wira Setiawan, menyebutkan bahwa Sistem E-Tilang ini akan segera diterapkan di Kabupaten Lombok Tengah sebelum event MotoGP Mandalika bulan Maret 2022 mendatang. Namun saat ini pihak Polres Loteng masih menunggu perintah resmi dari Polda NTB untuk pengaktifanya.”Masih menunggu dari Korlantas Polda NTB untuk penerapannya. Segera sebelum event MotoGP,” Ungkapnya Saat ditemui wartawan pada Jumat, (31/12/21) kemarin.

Kasat Lantas Polres Lombok Tengah itu juga mengatakan, perangkat tilang elektronik berupa 5 buah kamera CCTV sudah terpasang pada sejumlah titik yang masih dirahasiakan penempatannya di Kabupaten Lombok Tengah. “Sudah terpasang, lokasinya dirahasiakan. Hal ini dilakukan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berprilaku tertib berlalu lintas, jangan sanpai kalau masyarakat tau titiknya dan di tempat itu saja mereka tertib,” kata Dony.

Dikatakan Dony, wilayah Lombok Tengah menjadi prioritas dalam penerapan sistem E-Tilang ini karena merupakan lokasi penyelenggaraan berbagai event dunia termasuk salah satunya event MotoGP yang akan digelar pada bulan maret mendatang.”Lombok Tengah mendapat jatah perangkat CCTV terbanyak yakni 15 perangkat yang disiapkan oleh Polda NTB. CCTV akan banyak dipasang di wilayah bagian selatan, termasuk di area KEK Mandalika,” terangnya.

CCTV yang terpasang ini nantinya bukan hanya sebagai perangkat penilangan semata, akan tetapi juga berfungsi untuk monitoring kemacetan dan kondisi jalan raya pada saat gelaran event MotoGP mendatang.”Berfungsi untuk monitoring kemacetan, juga area parkir, ini untuk antisipasi kehilangan kendaraan juga,” pungkasnya.(DI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here