Sampah di Kawasan KEK Mandalika Jadi Tugas ITDC – Ampenan Post

Sampah di Kawasan KEK Mandalika Jadi Tugas ITDC
Foto: Supardiono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Tengah saat ditemui wartawan belum lama ini.(Ampenanpost.com/DI).

Lombok Tengah, Ampenanpost.comSupardiono, Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), menyangkal jika dikatakan tidak mengurus masalah sampah di kawasan ekonomi khusus (KEK Mandalika). Pasalnya, seluruh wilayah yang masuk di kawasan KEK Mandalika sudah menjadi tanggung jawab dari pengelola yakni Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Lebih jauh, Supardiono mengatakan, pihaknya di pemerintah daerah sudah berkerja sama dengan warga sekitar, seperti yang telah ia lakukan di pantai gerupuk, awang. Yang mana pihaknya berserta masyarakat melakukan kegiatan gontong royong melakukan pembersihan.’’ kami telah bekerjasama dengan masyaraka Sekitar dengan prinsip gotong royong seperti yang di Gerupuk, Kute dan sekitarnya, termasuk kami dari Dinas LH Loteng membantu pengangkutannya ke TPA Pengengat, kebetulan hari senin kami bersama msyarakat Dusun Awang mengadakan pembersihan pantai. Kami bantu mereka dengan menyiapkan dum truk dan kami langsung angkut ke TPA Pengengat,’’ Ucap Kadis LH Loteng saat dikonfirmasi Ampenanpot.com via whatsapp, Selasa (18/01/22).

Selanjutnya terkait langkah yang akan diambil dengan banyaknya sampah di sejumlah tempat wisata di kawasan KEK itu nanti pihaknya akan` mengajak pengelola untuk berkoordinasi lebih jauh. Sehingga permasalahan sampah ini mampu teratasi segera.’’Kami akan ajak ITDC untuk duduk Bareng menangani sampah di kawasan KEK terutama kawasan pantai yang setiap saat, dan setiap hari terliat berbagai macam sampah ditepi pantai, hari ini selasa (hari ini red) kami akan langsung cek ke beberapa titik,’’ Ujarnya.

Kembali Ia tegaskan bahwa sampah yang ada di kawasan itu sudah menjadi kewenangan ITDC, namun tidak luput dari kerja sama. Sehingga Ia meminta kepada seluruh stekholder untuk tetap bersinergi dalam pengelolaan sampah ini.” Untuk penanganan sampah di KEK menjadi kewenangan ITDC dek. Ini baru selesai koordinasi dengan Divisi sampahnya (ITDC). Kami sarankan bangun koordinasi dengan stakeholder termasuk pihak desa penyangga dan dinas terkait, untuk kita sama-sama bersinergi melakukan pengelolaan sampah di KEK,” tegasnya.(DI).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here