Sambut MotoGp, Pemdes Aik Dareq Akan Resmikan Tiga Unit Homestay – Ampenan Post

Sambut MotoGp, Pemdes Aik Dareq Akan Resmikan Tiga Unit Homestay
Foto: Terlihat Kepala Desa Aik Dareq Abdur Rasyid tengah berdiri di depan bangunan Homestay. Kamis-06-01-2022(Ampenanpost.com/Edi Suryansyah).

Lombok Tengah, Ampenanpost.com Geliatnya pariwisata di pulau Lombok memang tak dapat dipungkiri. Apalagi menjelang penggelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada bulan maret mendatang, Desa yang memiliki potensi pariwisata mesti tidak ingin tinggal diam saja. Seperti salah Satu Desa di Lombok Tengah (Loteng) ini. Tepatnya Desa Aik Dareq, Kecamatan Batukeliang, Loteng, rencananya dalam waktu dekat akan meresmikan tiga penginapan (Homestay).

Abdur Rasyid, kepala Desa Aik Darek mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya di Pemerintah Desa (Pemdes) Aik Dareq akan meresmikan Tiga Unit penginapan untuk membantu kekurangan penginapan pada ajang balapan MotoGP nanti. Menurut Kades, penginapan itu merupakan program hibah dari kementrian pariwisata andn ekonomi kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), dengan jumlah dana 500 juta.’’ Untuk menunjang perekonomian masyarakat dalam bidang pariwisata, kita di Desa Aik Darek ini mendapatkan program dari pusat kemarin, dan saat ini sebentar lagi kita resmikan,’’ ungkap Kades saat ditemui Ampenanpost.com, Kamis (06/01/22).

Mantan anggota tentara nasional indonesia (TNI) itu juga menyebutkan bahwa, saat ini homestay tersebut masih memiliki beberapa kekurangan fasilitas. seperti tempat tidur, TV, AC, sofa, lemari, dan fasilitas lainnya. Namun pihaknya di pemerintah desa sudah menggandeng Badan Usaha Mlik Desa (BUMDES), yang hendak mejadi pengelola homestay itu sehingga, nantinya BUMDES akan melengkapi kekurangan itu.’’ Saat ini kita belum punya fasilitas pelengkapnya, dan seluruh kekurangan itu nanti kita akan di lengkapi oleh BUMDES yang sebagai pengelola kedepannya,’’ sebut Kades.

Kemudian, Kades menjelaskan bahwa, dalam pengelolaan penunjang pariwisata itu. Pihaknya akan mengikut sertakan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang mana nantinya sebagai ujung tombak yang dimiliki oleh pemdes. Dengan demikian, para pemuda yang berada dalam lingkaran Pokdarwis ini diminta untuk ikut andil dalam pengelolaan homestay itu. Tidak hanya itu, Kades juga menegaskan saat ini pihaknya sudah mempersiapkan seluruh fasilitas pokdarwis.’’ Untuk pokdarwis juga akan kita libatkan, bahkan peralatan Pokdarwis ini sudah kita belikan. Seperti alat peresean untuk menyambut tamu, serta alat kesenian lainnya juga kita siapkan,’’ tegas Kades.

Dengan potensi yang desanya miliki, ia berharap nantinya perekonomian masyarakat dapat bangkit, para UMKM dapat juga mengambil bagian dalam program tersebut.” kita harapkan dengan adanya homestay ini perekonomian masyarkat dapat pulih. serta para UMKM kita yang sebelumnya sempat tidur bisa kita pulihkan kembali,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, Desa aik dareq merupakan salah satu desa yang sangat berdekatan dengan beberapa wisata alam yang sangat luar biasa indahnya. Yakni seperti air terjun benang setokel, dan air terjun benang kelambu, jalur pendakian gunung rinjani, dan juga tempat lainnya.(DI)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here