Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat, Diskanlut Loteng Tebar 1 Juta Bibit Ikan – Ampenan Post

Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat, Diskanlut Loteng Tebar 1 Juta Bibit Ikan.
Foto: Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Lombok Tengah, Muhammad Kamrin. (Ampenanpost.com/DI)

Lombok Tengah, Ampenanpost.com
Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menjelang tahun 2022 sudah mulai melakukan penebaran bibit ikan di tingkat kelompok masyarakat dan individu bagi masyarakat yang akan melakukan budidaya untuk peningkatan ekonomi dan gizi konsumsi ikan di masyarakat Kabupaten Lombok Tengah.

“Saat ini dilakukan penebaran bibit ikan ke masyarakat mengingat sedang musim hujan, dimana air musiman untuk embung, sawah petani yang dimanfaatkan sebagai lokasi budidaya. Jadi, begitu musim panen padi tiba, bersamaan dengan panen ikannya juga, ” Ungkap Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan M Kamrin, Senin (21/12/21).

Adapun permintaan bibit ikan yang saat ini dilakukan didominasi di beberapa Wilayah Kecamatan di Loteng yakni di Janapria, Praya Timur, Pujut dan Praya Tengah. Mengingat, jika dibandingkan dengan Wilayah utara dengan kondisi air yang tetap stabil dan menjadi pusat bisnis sehingga tidak menyasar ke wilayah tersebut. Melainkan dihajatkan untuk tingkat masyarakat non bisnis.”Jumlah bibit ikan ketersediaan untuk tahun 2022 ini sekitar satu juta ekor, dengan jenis karper dan nilai, ” Jelasnya.

Untuk serah terimanya dikatakan dilakukan secara bertahap, mengingat kemampuan di Balai Benih Ikan (BBI), akan tetapi sudah mulai dilakukan distribusi namun harus antri.”kalau sudah melengkapi persyaratannya maka kami akan berikan rekomendasi untuk diantarkan bibit itu,” ucapnya.

Program ini merupakan program yang hanya bibit ikan saja, soal pakan, pihaknya menyatakan hal itu pada ranah program lainnya yang sasarannya beda. Yakni, pada kelompok yang sudah berjalan usahanya. Namun program penebaran benih di masyarakat ini merupakan lebih kepada para pemula, dalam pemanfaatan musim hujan.” Saat ini kan musim hujan, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan sawahnya untuk melepas ikan sambil menunggu waktu panennya,” pungkasnya.(DI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here