Pulihkan Kelestarian Alam, Kodim Loteng Tanam Pohon Serentak – Ampenan Post

Pulihkan Kelestarian Alam, Kodim Loteng Tanam Pohon Serentak
Dikirim. Foto: Terlihat Komandan Kodim 1620/Loteng, Letnan Kolonel Infantri. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP. Sedang menanam bibit pohon dengan salah satu pelajar, Jum'at (3/12/21).

Lombok Tengah,Ampenanpost.com- Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam dan lingkungan sekitar, Komando Distrik Militer (Kodim) 1620/Loteng, melakukan penanaman pohon keras, produktif, dan mangrove di wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jum’at (3/12/21).

Penanaman pohon tersebut digelar secara serentak di beberapa lokasi diantaranya yaitu Bundaran Mandalika Songgong Desa Kuta serta Dusun Gerupuk Desa Sengko Kecamatan Pujut, berupa 1.000 pohon Camplong dan 150 pohon Ketapang yang ditanam sepanjang 2.500 meter di kanan kiri jalan, dan penanaman sebanyak 5.000 pohon mangrove di area sekitar pantai Blongsong Desa Kidang Kecamatan Praya Timur.

Pelaksanaan penanaman mangrove Desa Kidang turut dihadiri oleh Ketua DPRD, Kepala BPBD, Dinas Kehutanan, BPDAS Provinsi, Forkopimda, Forkopimcam, Mapala Ikip Unram, Duta Lingkungan NTB, FKPPI, Kelompok Gejala, Saka Wirakartika,TNI-Polri dan Satpol PP, serta Kades dan Kadus Desa Kidang bersama warga masyarakat setempat.

Dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 1620/Loteng, penanaman serentak pohon keras, produktif, dan mangrove menjadi penanda komitmen Kodim dalam menjaga kualitas Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Momentum ini, juga menandai bergulirnya program kerja Kodim di bidang teritorial dalam rangka pemberdayaan wilayah melalui kegiatan menanam pohon Jilid 3 khususnya tumbuhan mangrove di wilayah pantai Blongsong Desa Kidang. Selain melakukan penanaman pohon, dalam kegiatan tersebut juga turut dilakukan pemberian bantuan sosial berupa paket sembako. Sejumlah bantuan diserahkan langsung oleh Dandim kepada beberapa orang perwakilan warga kurang mampu Dusun Blongsong.

Komandan Kodim (Dandim) 1620/Lombok Tengah, Letnan Kolonel Infantri. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., saat memberikan arahan menuturkan, ekosistem mangrove mempunyai peran sangat penting dalam upaya pengendalian perubahan iklim dan mitigasi bencana. Dirinya menilai dengan menjaga alam maka alam akan menjaga kita.”Program Kodim menanam pohon bukan untuk merespons momentum istimewa yang hanya bersifat sementara saja, namun akan menjadi program yang berkesinambungan dalam rangka memenuhi amanat pemerintah dan pimpinan perihal Ruang Terbuka Hijau,” ujar Dandim.

Pada kesempatan tersebut, Dandim mengajak warga masyarakat semua untuk bersama-sama menumbuhkan kesadaran menjaga dan memelihara kelestarian ekosistem mangrove dan hutan pantai. Menurutnya, dengan menjaga dan memulihkan kelestarian ekosistem laut melalui upaya rehabilitasi tumbuhan mangrove, dapat melindungi garis pantai dari abrasi serta dapat memberi dampak ekonomi dimasa yang akan datang.

Oleh karena itu, Dandim berharap munculnya kawasan hijau hutan mangrove di Desa Kidang dapat berkembang menjadi salah satu pintu wisata di Lombok Tengah, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.”Pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian dari sumber daya yang mempunyai peran dan fungsi yang sangat penting untuk menjaga kelestarian ekosistem dalam menyangga keberlangsungan hidup kita kedepan,” pungkasnya.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here