Mediasi Eks Pegawai IPDN Lombok Sempat Bersitegang – Ampenan Post

Mediasi Eks Pegawai IPDN Sempat Bersitegang
Foto: Mediasi Eks Pegawai IPDN Lombok, yang Sempat Bersitegang dengan Petugas Mediator Disnakertrans Lombok Tengah, Kamis 30 Desember 2021.(Ampenanpost.com/DI)

Lombok Tengah, Ampenanpost.com mediasi antara mantan Pegawai Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN) Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan Pimpinan IPDN yang difasilitasi oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Lombok Tengah (Loteng), sempat bersitegang. Pasalnya, para mantan Pegawai ini kecewa dengan petugas mediator yang enggan mempertemukan mereka, kamis (30/12/21).

Samuel Hakim, Kordinator eks Pegawai IPDN Lombok mengatakan, pihaknya kecewa dengan sikap Disnakertrans yang tidak bisa mempertemukannya dengan pimpinan IPDN. Yang mana saat itu Direktur kampus elit itu juga mendatangi kantor Disnakertrans untuk menyampaikan kelarifikasi terkait pemecatan terhadap para eks Pegawai itu.” Kami kecewa karena tidak dipertemukan, malah dia (Direktur IPDN red) ditaruh di ruangan yang berase dan dingin,” ungkap Hakim sapaannya itu saat ditemui wartawan.

Tidak hanya itu, langkah Hakim dan ratusan eks pegawai IPDN itu tidak akan sampai disana saja. Bahkan kalau tidak ada titik terang dari pihak dinas terkait, maka mereka dalam waktu dekat akan bersurat ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Loteng, untuk meminta para wakil rakyat bersikap dalam persoalan tersebut.” Kami tidak akan sampai sini saja, kami akan hering juga ke DPRD, ” ujar Hakim.

Dimana sebelumnya, para eks Pegawai IPDN ini pernah mendatangi kantor Disnakertrans pada senin 27, Desember 2021 lalu, untuk mengadukan tentang pemutusan hubungan kerja (PHK) yang diterima meraka, dan setelah di PHK mereka tidak diberikan uang pesangonnya. Sebagaimana yang sudah atur oleh undang – undang ketenagakerjaan.

Sementara Lalu Kariawan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Lombok Tengah saat di Konfirmasi menyampaikan bahwa, agenda pagi itu untuk memediasi permasalahan tersebut. Namun, seperti yang pernah dituturkan kemarin bahwa pihak Dinas akan memanggil Pimpinan IPDN hanya untuk meminta kelarifikasi terkait pemecatan itu.” Agendanya kita akan mediasi pemberhentian tenaga kerja yang ada di IPDN itu. Selaku dinas terkait dengan ketenagakerjaan, maka kita panggil untuk mengkelarifikasi dulu,” kata Kariawan.

Kariawan juga menegaskan, melihat kondisi dan mempertimbangkan sesuatu dan lain hal. Maka pihaknya tidak bisa untuk mempertemukan kedua belah pihak pada saat itu, mengingat agenda saat itu hanya meminta kelarifikasi saja.” Kenapa kita tidak pertemukan tadi, bayangkan kalau kita pertemukan tadi, kalau dipertemukan bagaimana jadinya, dengan kondisi yang memanas,” tegas Kariawan.

Dikatakan Kariawan, Pemanggilan Direktur IPDN saat itu untuk meminta keterangan dan menggali lebih dalam akar permasalahan tersebut. Penting baginya untuk mengetahui lebih jauh dasar pemberhentian ratusan Karyawan tersebut.” Sudah menyampaikan dasar – dasar alasan pemberhentian ini, untuk mencari pokok permasalahannya,” pungkasnya.(DI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here