Peduli Lingkungan, DPW Partai Gelora NTB Tanam Pohon di Desa Lantan – Ampenan Post

Peduli Lingkungan, Partai Gelora Tanam 10 Juta Pohon di Desa Lantan
Dikirim. Foto: Sejumlah Pengurus Partai Gelora Tengah Memegang Pohon Yang Hendak Ditanam di Desa Lantan, Kecamatan Batukeliang Utara, Minggu (28/11/21).

Lombok Tengah, Ampenanpost.com – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, NTB melakukan kegiatan menanam pohon. Kegiatan ini dipusatkan di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (28/11/21).

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Ketua DPW Gelora Indonesia, NTB Lalu Pahrurrozi, ST. ME., Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gelora Indonesia, Lombok Tengah H. Efwin Akbariansyah, Kepala Desa Lantan, Erwandi S.Pd berserta kader Partai Gelora dan tokoh agama, tokoh, masyarakat, tokoh pemuda serta perempuan Desa Lantan.

Partai Gelombang Rakyat (Gelora) melakukan penanaman 10 juta pohon secara serentak di 34 Provinsi sebagai bagian dari gerakan melawan perubahan iklim. Penanaman dilakukan serentak pada tanggal 28 November 2021, bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia , di tiga lokasi: Kampung Cikoneng, Sub DAS Citarik, Cibiru, Cileunyi, Bandung (Hulu DAS Citarum); Waduk Jatiluhur, Purwakarta dan Muara Gembong (hilir/muara DAS Citarum) Bekasi, Jawa Barat.

Program “GELORA Tanam 10 Juta Pohon“ pada dasarnya mengajak masyarakat baik individu, organisasi sosial maupun perusahaan untuk terlibat dalam gerakan menanam pohon seumur hidup.

Ketua DPW Gelora Indonesia, NTB L. Pahrurrozi menyampaikan bahwa angka 10 juta pohon yang dicanangkan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelora Indonesia membawa misi dan harapan tercapainya 10 juta kader Gelora Indonesia pada tahun 2024. Hal ini merupakan upaya besar bersama dalam rangka menumbuhkan gelombang perubahan yang dapat bermanfaat bagi seluas-luasnya masyarakat.”10 juta pohon ini merupakan simbol penting dalam rangka mengupayakan tercapainya 10 juta kader Gelora di 2024,” kata Ketua DPW sesaat setelah kegiatan penanaman pohon.

Selain membawa misi politis, kegiatan ini juga membawa syiar tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan cara menanam pohon. Perubahan iklim yang semakin nyata terlihat mesti diantisipasi dengan kegiatan-kegiatan yang minimal dapat memperlambat kerusakan iklim itu sendiri.”Meskipun sering dianggap remeh. Menanam pohon memberikan banyak manfaat dari mulai manfaat sosial, manfaat lingkungan hingga manfaat ekonomi. Tanpa perlu disebut panjang lebar, pohon secara alami menarik karbon dan mengeluarkan produk sampingan yang sangat berguna bagi manusia: oksigen,” kata L. Pahrurroz.

“Oksigen itu penting. Tetapi hal yang lebih penting adalah bahwa pohon menyerap karbon dan salah satu aspek terbesar dari pemanasan global adalah meningkatnya jumlah karbon dioksida yang terperangkap di atmosfer kita,” lanjutnya.

Kegiatan menanam pohon hari ini merupakan gerakan awal untuk langkah-langkah besar berikutnya.

Senada dengan L. Pahrurrozi, Ketua DPD Gelora Indonesia, Lombok Tengah, H Efwin Akbariansyah menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Partai Gelora Indonesia terhadap menurunnya kualitas ekologi. Ia menambahkan bahwa kegiatan serupa akan terus diupayakan Partai Gelora Indonesia dari elite DPN, DPW, hingga DPD dalam rangka merespon setiap perubahan.”Kita di Partai Gelora, akan terus berkomitmen melakukan kegiatan sejenis. Hal ini menjadi syiar perubahan yang menjadi semangat sejalan dengan giroh partai,” ucap Efwin.

Ketua DPD Gelora Lombok Tengah ini menambahkan akan bersama-sama mengupayakan agar Partai Gelora dapat membawa seluas-luasnya manfaat, tak hanya bagi masyarakat, tetapi juga alam yang menjadi tempat hidup bersama mesti juga dirawat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Lantan, Erwandi S.Pd., memberikan apresiasi dan terima kasih tak terhingga kepada jajaran DPW Partai Gelora Indonesia, NTB yang telah mempercayakan tempatnya sebagai lokasi kegiatan yang bermanfaat ini. Ia menyampaikan bahwa Partai Gelora Indonesia, NTB merupakan satu-satunya partai yang memberikan perhatian kepada perbaikan kualitas iklim dan lingkungan.”Partai Gelora Indonesia, NTB kalau saya boleh bilang merupakan partai politik pertama yang melaksanakan kegiatan ini. Hal itu menunjukkan bahwa partai ini (Gelora) memang hadir membawa arus perubahan bagi masyarakat,” ucap Kepala Desa Lantan yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Sebagai desa penyangga kebutuhan air khususnya di Kabupaten Lombok Tengah, Kepala Desa Lantan menyampaikan bahwa kegiatan menanam pohon merupakan bentuk kepedulian terhadap kondisi kehidupan ke depan. Ia menyampaikan harapannya agar kegiatan serupa tidak hanya terhenti sampai dengan hari ini. Ke depan, kata Erwandi, Partai Gelora Indonesia, NTB harus terus berkomitmen membawa dampak dan narasi positif bagi masyarakat.”Semoga silaturrahi (kami) masyarakat Desa Lantan dengan Partai Gelora Indonesia NTB terus berlanjut. Tidak hanya terhenti dengan program menenam pohon, tetapi bisa berlanjut untuk hal-hal lain di kemudian hari,” kata Erwandi.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here