Kerja Sama dengan NGO Indecon, Pokdarwis Kelurahan Leneng Gelar Pelatihan Promosi Produk – Ampenan Post

Kerja Sama dengan NGO Indecon, Pokdarwis Kelurahan Leneng Gelar Pelatihan Promosi Produk
Foto: Suasana Acara Tersebut di Cafe Cantieq Kelurahan Leneng, Praya, minggu (7/11/21).

 

Lombok Tengah,Ampenanpost.com-Pokdarwis oksigen Kelurahan Leneng bekerjasama dengan NGO Indecon ( Indonesia Ecotourism Network ) melakukan pelatihan promosi produk dan pemasaran wisata yang dilakukan di Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya, Lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (7/11/21).

Ketua Pokdarwis oksigen Leneng Muhammad Bilyadi mengatakan, program ini merupakan program lanjutan dari coaching produk wisata yang sebelumnya pernah dilakaukan di desa Bonjeruk, Kecamatan Pringgerate.”Ini kunjungan ke tiga kalinya dari NGO indecon dari jakarta yang bekerjasama  dengan ILO ( International labour organisatiaon). Agenda digelar selama dua hari mulai dari tanggal 6 – 7 November,” Ungkapnya.

Dikatakan, agenda ini dilakukan dalam rangka melakukan pengembangan dan pendampingan kepada desa wisata dalam hal produk, pemasaran dan digitalisasi pariwisata.”Agenda hari ini hadir 12 desa wisata, sepulau Lombok ada yang dari Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur ( Lotim ). Output dari program ini supaya desa wisata bisa teratur memanej produk dan regulasi desa wisata,” Ucapnya.

Adapun tujuan dari agenda ini, lanjutnya  supaya pariwisata – pariwisata yang ada saat ini mampu dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.”Saya berharap dengan adanya kerjasama ini bisa meningkatkan kapasitas SDM masyarakat Leneng yang nantinya dapat membantu untuk menigkatkan perekonomian masyarakat secara umum,” bebernya.

Sementara itu,  porgram development manager Indecon Wita Permatasari Simatumpang mengatakan, program ini merupakan dukungan dari ILO ( international Labour Organisastion ) diagendakan untuk meningkatkan kapasitas kawan – kawan didesa wisata untuk merespon situasi pasca pandemi covid – 19.”Kita memilih Leneng sebagai tempat agenda karena melihat masyarakat yang aktif, konsep dan idenya juga sangat menarik. Kegiatan ini kita kerjasamakan dengan pokdarwis oksigen Kelurahan Leneng,” kata Simatumpang.

Pihaknya berharap supaya peserta yang datang hari itu kapasitas pengetahuannya bisa meningkat setelah diadakannya kegiatan ini.”Setelah pelatihan ini kami juga menyediakan sesi coaching secara online. Kita berharap teman – teman bisa membuat produk atau paket wisata dan menawarkan pada tamu yang datang,” ujarnya.

Konsep pokdarwis oksigen yang ada di Leneng ini merupakan ide yang sangat orisinil dan juga sangat krearif.”Kita sangat mencari situasi lingkungan ditengah kota dengan misi mengkonservasikan lingkungan dikota. Saya sangat senanh karena pokdarwis oksigen ini digerakkan oleh anak muda,” pungkasnya.(E011)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here