Kapolda NTB Terima Dengan Humanis Masa Aksi HMI di Depan Mapolda – Ampenan Post

Kapolda NTB Terima Dengan Humanis Massa HMI Demo di Depan Mapolda NTB
Kapolda NTB Terima Saat menerima Massa HMI yang melakukan aksi di Depan Mapolda NTB. Senin (25/10/21).

Ampenanpost. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Mataram gelar aksi demonstrasi didepan Markas Komando (Mako) Kepolsian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) jalan Langko Kota Matatam, Senin (25/10/21).

Dalam aksinya, HMI menuntut penegakan hukum terkait pelanggaran penanganan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh oknum Polisi, didepan Kantor DPRD NTB, Kamsi lalu (21/10/21) lalu, yang mengakibatkan salah seorang Mahasiswa terluka dibagian kepala.

Pahri Rahman Ketua HMI Cabang Mataram mengatakan, Tindakan premanisme aparat kepolisian tersebut bertentangan dengan berbagai peraturan perundang-undangan yang ada, terlebih, hak atas kemerdekaan menyampaikan pendapat bagi massa aksi yang di jamin oleh Pasal 28 Undang-undang Dasar 1945. Serta, melanggar hukum pidana yaitu kekerasan secara bersama-sama di muka umum yang di atur dalam Pasal 170 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).”Namun respon dari aparat kepolisian seringkali malah kontras dengan sejumlah peraturan yang ada,” ungkap Pahri.

Kemudian Pahri juga menegaskan, Hal ini merupakan kecacatan berpikir dari aparat penegak hukum, karena unjuk rasa
merupakan salah satu hak asasi manusia yang dilindungi oleh konstitusi.”yang menimpa pengunjuk rasa merupakan pengkhianatan terhadap nafas Konstitusi kita di dalam berbangsa dan bernegara. Lebih-lebih yang menjadi aktor kekerasan terhadap peserta aksi adalah bagian dari lembaga penegak hukum di republik ini,” tegas Pahri.

Menyikapi aksi yang dilakukan HMI di depan Mapolda NTB waktu itu , dengan Humanis Kapolda NTB Irjen Pol. Moh Iqbal SIK MH menemui masa aksi.

Dibawah terik matahari Kapolda NTB bersama jajarannya yang melakukan pengamanan duduk bersila mendengarkan tuntutan aksi.”Terimakasih dinda telah menunjukkan semangat yang luar biasa ditengah panas terik matahari ini adinda tetap menyampaikan aspirasi ” ucap Iqbal.

Ia juga mengatakan bahwa di Negara demokrasi ini semua berhak menyampaikan aspirasinya. “Semangat menyampaikan aspirasi ini ialah bentuk semangat demokrasi dalam menjaga moral Bangsa ini” tegasnya.

Kapolda NTB juga menambahkan terkait oknum Polri yang melakukan pelanggaran dalam pengamanan massa aksi beberapa hari lalu, ia menegaskan bahwa ia akan menjalankan proses hukum terkait pelanggaran tugas yang dilakukan oleh anggotanya.”Oknum tersebut akan kami tindak tegas sesuai prosedur dan normatif. Kami akan proses hukum dengan mekanisme yang berlaku,” tukasnya.

Disela aksi, Kapolda NTB mempersilahkan Ketua HMI Cabang Mataram bersama beberapa perwakilan dari massa aksi bertemu langsung dengan oknum Polisi terduga pelaku yang sedang ditahan oleh Bid Propam Polda NTB di Dit Tahti dengan ditemani Dir Intelkam Polda NTB dan Kabid Humas Polda NTB.

Jenderal bintang dua itupun mengapresiasi para mahasiswa HMI yang menggelar massa aksinya secara tertib dan sesuai prosedur.”Terimakasih banyak atas semangatnya adik – adik yang telah menyampaikan aspirasinya di panas terik ini secara tertib dan sesuai prosedur yang berlaku. Saya Kapolda NTB atas nama institusi Polri memohon maaf atas perilaku daripada anggota kami kemarin” imbuhnya.

Selepas bertemu dengan pelaku dan memastikan pelaku sedang ditahan, Ketua HMI mengajak seluruh massa aksi untuk membubarkan diri dan mempercayakan seluruh proses penegakan hukum kepada jajaran Polda NTB.(E011)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here