Jumlah Petani Bawang Merah di Desa Kateng Semakin Banyak.

Jumlah Petani Bawang Merah di Desa Kateng Semakin Banyak.
Lalu Bokhari Salah Satu Petani Bawang di Desa Kateng. Ampenanpost.com

Ampenanpost. Potensi besar dari hasil Penanaman Bawang Merah saat ini semakin terlihat. Bagaimana tidak, terbukti dengan bertambahnya jumlah petani bawang merah dari tahun ke tahunnya. Sehingga itulah yang saat ini dikembangkan oleh para petani desa kateng, praya barat, lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat (NTB). Kamis (2/9/21) yang lalu.

Lalu Syarifuddin Kepala Desa Kateng menyampaikan, Setelah melakukan percobaan sejak 7 tahun yang lalu, untuk mengembangkan bawang merah di desa kateng ini, dengan melihat potensi yang terkandung dalam ditanah liat sangat menjanjikan untuk menanam bawang merah, terbukti dari tahun ke tahun petani bawang merah di desa kateng semakin meningkat. Yang dulunya hanya 1 hektare sekarang di tadun 2021 sudah mencapai 45 hektare.”dengan jumlah petani sekitar 60 orang, terdiri dari delapan kelompok tani. Yang diberikan stimulan oleh Pemerintah kabupaten kemarin, mulai dari pemberian bibit, pupuk saprodi, dan juga yang lainnya untuk dikembangkan di desa kateng,”Ucapnya.

Kemudian, Kepala Desa Dua priode itu juga menegaskan, untuk pemasarannya sendiri desa kateng sudah tidak diragukan lagi. Sebagaimana diketahui saat ini desa kateng sudah sangat terkenal sebagai desa penghasil bawang merah diwilayah lombok selatan.”sehingga pembeli dari luar lombok tengah, seperti lombok timur, lombok barat, ada juga yang dari luar pulau lombok seperti jawa dan bali, sudah mulai berdatangan melirik bawang merah desa kateng,”Ungkap Syarifuddin.

Saat yang sama, salah satu petani bawang merah desa kateng, Lalu bokhari mengatakan, penanaman saat ini sudah yang ketiga kalinya, walaupun pada penanaman pertama dan kedua mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Namun kali ini, ia sangat bersyukur setelah adanya bantuan yang diberikan oleh pihak pemkab lombok tengah.”Dengan bantuan dan pengawasan pemerintah, sehingga tahun ini kita bisa berhasil dalam penanaman bawang merah,”Ujar Bokhari.

Sedangkan Nasup, Spt kepala UPT Pertanian Praya Barat mengatakan, di desa kateng sendiri sudah sangat lama sekali melakukan percobaan penanaman Bawang Merah ini, sehingga pada tahun 2021 ini pemerintah kabupaten melalui dinas pertanian mendukung penuh program budidaya bawang merah ini.”Dari kami sendiri (Dinas Pertanian Lombok Tengah), akan menjadikan desa kateng ini sebagai desa murti, yang akan dikhususkan sebagai penghasil bawang merah,”Tegasnya.

Kemudian pemerintah akan tetap mendukung Pemberdayaan ini, kedepan pihaknya akan mendukung para petani melalui sarana seperti gudang penyimpanan pasca panen, sumur bor dan juga sebagainya.”kemudian nantinya kita tidak akan takut lagi dengan kondisi cuaca yang bisa merusak bawang setelah dipanen,”Terangnya.

Dikatakan juga, selain desa kateng, di wilayah kecamatan praya Barat saat ini ada beberapa desa yang juga sudah memulai penanaman bawang merah ini. Seperti, desa mangkung, Desa Bonder, Desa Banyu Urip. Walaupun masih tidak begitu banyak.(E011)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here