FAKTA RI, Lelang Jalan Raya di Lombok Tengah.

FAKTA RI, Lelang Jalan Raya di Lombok Tengah.
FAKTA RI menutup paksa ruas jalan taman Biao yang menghuhungkan ruas jalan Nasional dan Provinsi di Kelurahan Jontlak. Jum'at (17/9/21).

 

Ampenanpost. Forum Analisasi Kebijakan Untuk Rakyat Republik Indonesia (Fakta RI) menutup paksa ruas jalan taman Biao yang menghuhungkan ruas jalan Nasional dan Provinsi di Kelurahan Jontlak, Kecamatan Praya Tengah, Lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, (17/9/2021).

Akibat aksi penutupan jalan Taman Biao itu, arus lalulintas dari Jelojok menuju Praya dan sebaliknya mancet total, dari keruak menuju praya dan sebaliknya juga mancet total.

Aksi Fakta RI itu sebagai bentuk protes kepada pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat yang tidak pernah memperhatikan status dan kondisi ruas jalan Taman Biao yang setiap hari ramai dilintasi kendaraan roda dua, empat, fuso bahkan Truk Tronton pengagkut material dan alat berat. Sehingga pihaknya tidak segan-segan untuk menguasai jalan tersebut. ” kami turun untuk memgambil alih tanah ini, kalau dua atau tiga hari lagi jalan ini tidak ada yang mengakui kami akan bangun sesuatu dilahan ini,” ucap Ketua Umum Fakta RI, Muhanan, SH

Dalam aksi menutup jalan, Fakta RI membentangkan kain hitam bertuliskan “Pemda dan Pemprov Saling Lempar Tanggungjawab”. Selain itu, Fakta RI juga menulis diatas aspal jalan dengan tulisan ” Tanah Ini Dijual Hubungi Fakta RI dan Tanah Ini Dilelang Diskon 1000 persen”. ” Bila perlu kita bangun jalan tol berbayar, dan bagi siapa yang lewat nantinya akan bayar pada FAKTA RI, ” tegasnya

Personel Polres Lombok Tengah yang dipimpin Wakapolres Lombok Tengah, Kompol I Ketut Tamiana meminta kepada Fakta RI untuk membuka ruas jalan Taman Biao demi kelancaran arus lalulintas. “Kita minta dibuka, terlebih lagi hari Jum’at, jangan sampai menggaggu masyarakat melaksanakan Ibadah Shalat Jum’at, dan kami juga sudah berkoodinasi dengan Dinas PU dan DPRD Lombok Tengah,” Ungkapnya.

Kepala Dinas PUPR Lombok Tengah, Lalu Rahadian yang datang bersama sejumlah Anggota DPRD Lombok Tengah ke lokasi jalan raya taman Biao menjelaskan, jalan raya taman Biao statusnya non status dan sampai hari ini pemerintah belum mengetahui persis sejarahnya seperti apa.” Namun saat saya telpon Bina marga Dinas PUPR, bahwa sebenarnya Dinas PUPR Kabupaten Lombok Tengah sudah bersurat ke balai jalan untuk melakukan perbaikan sekaligus untuk mengSKkan ini sebagai jalan resmi milik negara,”Terangnya.

Kemudian Rahadian menyampaiakn, pihaknya sudah sepakat untuk melakukan perbaikan dalam waktu dekat ini, sembari ia memperjelas setatus jalan tersebut.” Sambil kita perjelas setatusnya, dan kita sudah sepakat untuk mengerjakannya di tahun ini,” Lanjutnya.

Fakta RI memberikan waktu dua hari kepada pemerintah untuk memperjelas status jalan Biao. ” Kami berikan waktu dua hari, kalau tidak hari Senin, jalan ini kan kami tembok, kami sudah pesan 2000 batako untuk penembokan jalan Taman Biao,” ujar Sekjen Fakta RI, Bambang Heri Sulistiawan.(E011).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here