Dana PIP Siswa SMPN 9 Praya Barat Dikembalikan.

Dana PIP Siswa SMPN 9 Praya Barat Dikembalikan.
Inaq Wiwin Salah satu wali murid yang hadir dalam acara Pengembalian uang tersebut.

Ampenanpost. Tuntutan Wali murid dari siswa yang menuntut pendidikan di SMPN 9 Praya Barat, terkait dengan adanya dugaan pemotongan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SMPN 9 Praya Barat oleh mantan Kepala Sekolah, kini terbayar sudah.

Sebelumnya, masyarakat melakukan aksi demontrasi di Sekolah tersebut untuk menuntut pengembalian dana PIP yang diduga dipotong dan tidak pernah diberikan kepada siswa dari tahun 2020. Hari ini, Rabu (8/9/21) mantan Kepala Sekolah SMPN 9 Praya Barat melakukan pengembalian dana PIP tahun 2020 dan diberikan kepada siswa yang mendapatkan. Walau dalam pemberian tersebut mantan kepala sekolah tidak dapat menghadiri.

Perwakilan Guru SMPN 9 Praya Barat, Harun mengatakan, masyarakat melakukan aksi demo pada hari kamis kemarin, dan pada saat pihaknya langsung menindak lanjuti apa yang menjadi tuntutan masyarakat.”Masyarakat demo hari kamis dan hari jumat langsung saya menanyakan kepada Kepala sekolah yang lama dan beliau siap mengembalikan. Hari ini pengembalian dana PIP untuk siswa sudah direalisasikan,”Ungkapnya.

Dikatakan, terkait dengan total dana PIP yang dikembalikan oleh mantan Kepala Sekolah ini sebesar Rp. 11.250.000 yang diperuntukkan kepada 26 siswa dan ini merupakan dana PIP tahun 2020.”Sedangkan untuk dana PIP tahun 2021 ini setau saya belum dicairkan dan belum diusulkan,”Ucapnya.

Untuk teknis pengembalian ini, pihaknya melanjutkan sudah berkoordinasi dengan Dinas dan anggaran pengembalian ini berasal dari Kepala Sekolah yang lama, ini juga salah satu bentuk iktikad baik untuk mengembalikan.”Uang pengembalian yang diberikan kepada siswa ini merupakan uang pribadi dari mantan Kepala Sekolah sendiri,”Terangnya.

Tempat yang sama, Baiq Hartika kepala sekolah SMPN 9 Praya Barat yang baru menuturkan, kejadian ini harus kita jadikan sebagi pembelajaran kedepan, supaya tidak ada lagi yang menjadi kendala proses belajar mengajar.”Semoga tidak terjadi lagi, ini kita jadikan sebagai pembelajaran kita bersama,”Pungkasnya.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh 26 wali murid yang menerima langsung dana PIP, Ketua UPT Pendidikan praya Barat, Bhabinkamtibmas desa banyu urip, kepala sekolah SMPN 9 Praya Barat yang baru, hadir juga beberapa dari komite, serta beberapa dewan guru lainnya yang menjadi saksi bahwa telah selsainya masalah tersebut.(E011)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here