249 Napi Rutan Praya, Divaksin Dosis Pertama.

249 Napi Rutan Praya, Divaksin Dosis Pertama.
Seorang Napi Rutan Praya tengah Divaksin. Ampenanpost.com

Ampenanpost. Guna mendukung program pemerintah dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran dan penularan virus corona, sebanyak 249 narapidana (napi) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Peraya, mendapatkan vaksin. Rabo (15/9/21).

Kepala Rutan Kelas IIB Praya, Jumasih mengatakan, bahwa pihaknya telah meminta Pemerintah Daerah untuk memprioritaskan para narapidana (napi) atau warga binaan untuk mendapat suntikan vaksin Covid-19. “Allhamdulilah sebanyak 249 warga binaan hari ini disuntikan vaksin, termasuk petugas yang selama ini belum divaksin,” ujarnya kepada wartawan.

Dijelaskan, bahwa warga binaan sering berkerumun, terlebih kondisi Rutan saat ini telah oper kapasitas mencapai 249 orang dari kapasitas 97 orang. Sehingga penting untuk mendapatkan vaksinasi guna mencegah penyebaran virus Covid.”Namun, selama ini belum ada warga binaan yang terkena kasus covid, meskipun kondisinya begini, kita Do’a kan saja supaya tidak terjadi.” ujarnya.

Jumasih menambahkan, untuk mencegah masuk dan terjadinya penyebaran virus, khususnya dilingkungan hunian warga binaan. Salah satunya langkah cepat yang dilakukan adalah dengan menerapkan protokol kesehatan, sehingga untuk jam kunjung selama pandemi ini dilakukan secara daring atau Online. “Penerapan protokol kesehatan covid tetap di perketat. Kunjungan secara langsung belum bisa, kita tetap nunggu surat edaran resmi dari dirjen lapas yang resmi dulu, untuk sementara kita masih membuka kunjungan secara videocall saja.” pungkasnya.

Tak hanya itu, Jumasih Juga menyampaikan, jumlah warga binaan yang ada di rutan praya saat ini sudah sangat over Kapasitas, oleh karenanya ia telah mengusulkan untuk penambahan blok.” Namun, teman-teman pasti tau kalau over kapasitas yang ada dirutan ini tidak hanya ada di lombok tengah. Akan tetapi, hampir seluruh Indonesia mengeluhkan hal itu, tapi saya yakin pemerintah sudah mempunyai alasan tersendiri terkait hal ini,”Terangnya.(E011)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here