Mahasiswa KKN Tematik Unram Bantu Kembangkan Komoditi Gula Aren di Desa Mekarsari

Mahasiswa KKN Tematik Unram Bantu Kembangkan Komoditi Gula Aren di Desa Mekarsari

AmpenanPost. Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) kembangkan komoditi gula aren karena  pohon Aren merupakan tanaman serbaguna. Hampir semua bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan mulai dari buah, daun, bahkan batang kayunya.

Hal ini yang menjadikannya populer sebagai tanaman yang serbaguna terutama sebagai penghasil gula. Sayangnya, pengolahan gula aren ini belum banyak dikelola dengan baik di Desa Mekarsari.

Desa Mekarsari merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat dengan luas wilayah 5002 Ha yang memiliki sumber daya alam melimpah.

Sumber daya alam ini yang kemudian dikelola oleh masyarakat Desa Mekarsari sebagai mata pencaharian sehingga mata pencaharian masyarakat didominasi oleh petani. Salah satu hasil pertanian dan perkebunan yang paling melimpah yaitu aren.

Kelompok Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram di Desa Mekarsari Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat menciptakan gebrakan baru yaitu pengembangan komoditi gula aren.

Mengingat banyaknya gula aren yang melimpah, sehingga kelompok KKN ini setuju mengangkat program kerja utama yaitu “Pengembangan Komoditi Gula Aren”.

Proker yang dilaksanakan akan melibatkan warga Desa Mekarsari dan berkoordinasi dengan aparat desa.
Program Kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Desa Mekarsari disambut baik oleh masyarakat setempat dan seluruhnya berpartisipasi dalam progam kerja yang dilaksanakan.

Dalam pelaksanaan program kerja, pertama-tama Mahasiswa KKN mengumpulkan warga yang mata pencahariannya gula aren dengan dibantu oleh setiap kepala dusun setempat.

Kemudian Mahasiswa KKN Desa Mekarsari mengadakan sosialisasi dengan mengundang perwakilan masyarakat/anggota BUMDES yang ada di Desa Mekarsari agar bisa belajar bersama cara pengembangan gula aren.

Gula merah / gula aren dapat dijadikan sebagai penambah rasa sekaligus pewarna makanan untuk mendapatkan cita rasa yang enak dan tampilan yang menarik. Contohnya seperti memberikan rasa pada kripik talas dan juga sebagai bahan dasar pembuatan boba.

Dengan penambahan rasa gula aren pada produk makanan tersebut diharapkan dapat meningkatkan cita rasa dan daya jualnya.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini masyarakat dan BUMDES di Desa Mekarsari mampu mengembangkan komoditi gula aren di Desa Mekarsari ini karena sumber dayanya yang melimpah dan dapat melanjutkan program ini dengan skala panjang. Karena selain dapat memanfatkan gula aren juga dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat maupun desa.” ujar Syahril mengungkapkan harapan dari seluruh anggota KKN Desa Mekarsari untuk keberlanjutan proker yang telah berjalan.

Kepala Desa Mekarsari juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman mahasiswa KKN Universitas Mataram yang telah memilih Desanya.

“Kami sangat mengapresiasi kedatangan teman-teman mahasiswa. Semoga program kerja yang akan dilaksanakan bisa membantu masyarakat Desa Mekarsari dalam mengoptimalisasi potensi yang dimiliki” ujar Nasruddin selaku Kepala Desa Mekarsari.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here