Langka, Lansia di Lombok Tengah Ikut Kibarkan Bendera Dihari HUT RI ke76.

Langka, Lansia di Lombok Tengah Ikut Kibarkan Bendera Dihari HUT RI ke76.
Upacara Bendera oleh Para Lansia di Kelurahan Tiwu Galih, Kecamatan Praya, Lombok Tengah. Selasa (17/8/21).

 

Ampenanpost. Ditengah pandemi Covid-19, di Indonesia khususnya di Kabupaten Lombok Tengah tak menyurutkan semangat para lansia yang ikut berpartisipasi memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76. Dimana, para Lansia tersebut melakukan apel upacara bendera dengan semangat 45 yang dilaksanakan di Balai Rakyat Banjar Kedaton di Kampung Beransak, Kelurahan Tiwu Galih, Kecamatan Praya. Selasa (17/8/21).

Salah satunya Ibu Salmah yang bertugas sebagai pasukan pengibar bendera (Paskibra) mengatakan, bahwa hal itu pertama kalinya ia lakukan setelah puluhan tahun lalu.“Sudah dulu saya bertugas pas masih SD, makannya sekarang agak gerogi,” Ucapnya.

Selain itu, Salmah sapaannya merasa bangga bisa mengibarkan sang saka merah putih di tengah usia yang sudah tak mida lagi, masuk 65 tahun. Walaupun begitu, dirinya tak menjadi alasannya untuk tidak mengibarkan sang saka merah putih.“Kalau umur saya sekarang sudah 65, tapi tetap merasa semangat,” Tuturnya.

Ketua Pengurus Balai Rakyat Banjar Kedaton Lalu Junaini Makmun mengatakan bahwa, Balai tersebut menjadi tempat berkumpul nya masyarakat, baik dari petani, nelayan serta buruh. Upacara tersebut juga untuk mengingatkan kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara ini, sehingga kami mengajak para lansia untuk mengikuti upacara.“Ini kan para lansia itu sudah lama tidak mengikuti apel upacara lagi, makannya dengan cara ini kita ingatkan kembali,” Katanya.

Kemudian, untuk menghindari adanya kerumunan nantinya, Sujaini membatasi peserta apel. Dimana terdapat sekitar 20 lansia dan 10 anak yatim yang ikut upacara bendera.“Dihari kemerdekaan ini, kita juga berikan bantuan kepada para lansia dan anak yatim,” Jelasnya.

Sementara itu, Johan Hadi, pria yang kerap disapa Amaq Ohan ini menambahkan bahwa, kegiatan tersebut diinisiasi oleh Balai Rakyat Banjar Kedaton dan Tulus Angen Comunity (TAC) Loteng. Selain itu, kegiatan itu dilaksanakan untuk mengingatkan rasa nasionalisme masyarakat agar tidak lupa dengan hari kemerdekaan 17 Agustus ini.(E011)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here