Waspada Cuaca Ekstrim. BMKG: Dipicu Karena Adanya Peningkatan Kecepatan Angin di Wilayah NTB

Waspada Cuaca Ekstrim. BMKG: Dipicu Karena Adanya Peningkatan Kecepatan Angin di Wilayah NTB
Hasil Pemantauan BMKG Sta.Met ZAM. Minggu(4/7/21).

Ampenanpost. Waspada cuaca ekstrim di wilayah Nusa Tenggara Barat, karena berdasarkan hasil pemantauan kondisi Atmosfer di Wilayah Nusa Tenggara Barat, Dingin yang terasa di wilayah NTB saat ini dipicu dengan beberapa aspek tekanan suhu.Minggu(4/7/21).

Melalui rilis yang diterima Ampenanpost. Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Zainudin Abdul Madjid, Cucu Kusmayancu, S.Kom. menyampaikan bahwa Berdasarkan analisis data kondisi fisis dinamika atmosfer terpantau adanya pusat tekanan rendah di Wilayah Perairan Samudera Hindia Barat Daya Indonesia (1009 hPa) dan karena adanya perbedaan tekanan yang besar atau signifikan antara pusat tekanan tinggi di wilayah Australia (1028 hPa).

“dengan pusat tekanan rendah di Wilayah Samudera Hindia Barat Daya Indonesia menyebabkan dampak pada peningkatan kecepatan angin di wilayah NTB dan sekitarnya”,Ungkapnya.

Cucu juga menjelaskan Angin permukaan di wilayah NTB bertiup dengan variasi arah dominan dari Timur ke Selatan dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 km/jam.”Kecepatan angin tersebut membuat suhu saat ini terasa dingin”,Paparnya.

Kemudian dia menyampaikan Kondisi cuaca wilayah NTB untuk 3 hari kedepan masih berpotensi terjadi peningkatan kecepatan angin di wilayah NTB.”kalau kita lihat dari data ini. Maka akan ada peningkatan suhu sampai beberapa hari kedepan”,pungkasnya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi website cuaca.ntb.bmkg, atau Instagram Infocuacantb, facebook Stamet ZAM dan Twitter cuacaNTB_BMKG. Maupun rilis resmi kami”,kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Zainudin Abdul Madjid, Cucu Kusmayancu, S.Kom. kepada Ampenanpost melalui pers rilisnya.AP(E011).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here