Memberi Inovasi Ditengah Pandemi, Mahasiswa KKN Desa Selat Bentuk Koprasi.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Mataram (UNRAM) menggelar sosialisasi dan pendampingan bagi para warga dalam persiapan pembentukan KOPERASI di dusun salut Desa Selat Kecamatan Narmada Lombok Barat (09/07/2021).
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Mataram (UNRAM) menggelar sosialisasi dan pendampingan bagi para warga dalam persiapan pembentukan KOPERASI di dusun salut Desa Selat Kecamatan Narmada Lombok Barat (09/07/2021).

Ampenanpost. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Mataram (UNRAM) menggelar sosialisasi dan pendampingan bagi para warga dalam persiapan pembentukan KOPERASI di dusun salut Desa Selat Kecamatan Narmada Lombok Barat (09/07/2021).

Sosialisasi yang dihadiri oleh calon  anggota dan pendamping KOPERASI  itu menurut M. Fikri Haikal selaku Ketua KKN UNRAM penempatan Desa Selat, mengatakan kegiatan yang bertempat di Mushola dusun salut tersebut disesuaikan dengan Tema KKN mereka yakni tentang Kewirausahaan. Dalam kegiatan sosialisasi mengenai koprasi tersebut turut dihadiri juga oleh Ibu Miskah, SIP. Selaku Kepala Bidang Fasilitasi Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Lombok Barat Beserta rombongan selaku Narasumber yang akan menyampaikan materi tentang Koperasi.

 

Sebelumnya dalam survei pemetaan lokasi tempat mereka akan melakukan KKN mereka melakukan pendataan akan potensi-potensi yang ada di Desa Selat dan salah satunya adalah kerajinan kerai yang masih jarang mendapat perhatian dari masyarakat sekitar sebagai sebuah warisan budaya tradisional. Jelas Kadus Salut.” Setelah kami mengetahui salah satu potensi yang dimiliki oleh Desa Selat adalah kerajinan kerai yang berada didusun salut, maka selanjutnya kami berkordinasi dengan kepala dusun salut tentang kami yang akan melakukan KKN selama 45 hari didesa selat dan kami mau mengangkat tema KKN kali ini tentang kerajinan kerai. maka kadus salut yang sebelumnya sudah berencana membuat KOPERASI merasa sangat senang jika bisa berkolaborasi dengan mahasiswa KKN dalam pembentukan KOPERASI tersebut.” Jelas M. Fikri Haikal

 

Sementara itu, Sabudi, S. sos.  Selaku Kepala Desa Selat mengaku selama menjabat sebagai Kepala Desa hampir setiap tahun selalu ada Mahasiswa KKN di Desanya termasuk dari Universitas Mataram, dan saya selalu mendukung serta mengapresiasi inovasi-inovasi yang dilakukan para mahasiswa yang melakukan KKN di Desa Selat.
Disamping itu juga, bapak Sabudi, S. sos. Juga berpendapat bahwa tidak bisa dipungkiri bahwa peran mahasiswa apalagi anak muda sangatlah dibutuhkan dalam membangun sebuah desa apalagi ditengah era industri 4.0 ini yang serba menggunakan teknologi dan digital, inovasi dan kreatifitas mereka sangatlah dibutuhkan dalam kemajuan sebuah desa kedepannya. ” Pemerintah Desa Selat mengaku sangat mengapresiasi dan mensupport program kerja yang akan dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram tahun ini. Mengingat pada tahun sebelumnya jarang sekali mahasiswa yang mau mengangkat kerajinan kerai ini sebagai fokus dalam mengerjakan program kerjanya, dan besar harapan kami dengan adanya inovasi yang kan dilakukan oleh mahasiswa KKN nanti bisa membuat kerajinan kerai ini semakin berkembang lagi tidak hanya dilombok ataupun Indonesia bahkan bisa sampai keluar negeri” ujar Kades Selat.(E011).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here