Kebijakan PPKM Dinilai Tidak Berhasil Tangani Covid-19

Kebijakan PPKM Dinilai Tidak Berhasil Tangani Covid-19
Lalu Damarwulan (kanan) Humas FAKTA RI beserta Muhanan, SH Ketua Umum FAKTA RI. Dokumentasi pribadi.

Ampenanpost. Sejak di instruksikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat oleh pemerintah pusat di beberapa Wilayah di Indonesia. Seperti Daerah Jawa dan bali, begitu pula dengan beberapa Daerah lain di Indonesia. Namun hal itu tidak menunjukan keberhasilan dalam mengatasi masalah penanganan pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Sebaliknya Jumlah orang terpapar dan meninggal di indonesia akibat Covid 19 terus meningkat, bahkan Indonesia menjadi Negara urutan pertama di dunia dengan jumlah kasus Covid terbanyak.

Melihat kejadian beberapa minggu terakhir ini, Tentu hal tersebut menjadi bahan kajian Forum Analisis Kebijakan Untuk Rakyat Republik Indonesia (FAKTA RI).
Lalu Damarwulan Humas FAKTA RI menyebutkan Pemerintah tidak memiliki kemampuan untuk menyediakan obat-obatan maupun Vaksin.”Hampir seluruh rumah sakit sudah Colap dan tidak lagi sanggup menampung pasien Covid, bahkan banyak rumah sakit mengalami kekurangan oksigen,”Ucapnya melalui Rilis Resmi FAKTA RI. Jum’at(23/7/21).

Disisi lain, Lanjut Damar. Rakyat sulit untuk mendapat pelayanan kesehatan, bahkan sebagian tidak lagi memiliki kemampuan untuk mengakses karena berbagai faktor, Rakyat juga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan Gizi dan makanan yang sehat akibat mahalnya harga kebutuhan dan merosotnya pendapatan.
Tak hanya itu, Pengusaha Lobster ini juga memaparkan, Tenaga-tenaga Kesehatan (Nakes) banyak yang meninggal dan mereka bekerja dengan fasilitas buruk.”oleh karenanya perlu segera dilakukan penanganan khusus dan serius oleh pemerintah,”Cetusnya.
Menurutnya. Pada kenyataanya PPKM Darurat hanya membatasi mobilitas masyarakat tertentu saja. Pasalnya, Pemerintah yang ambigu dan ini membuktikan pemerintah menghindari tanggung jawab atas dampak dari kebijakan penanganan Covid dan pada akhirnya tidak dapat mencegah penularan Covid 19.”PPKM darurat pada perkembanganya juga mendapat tentangan yang cukup luas, terutama bagi mereka yang kehilangan pendapatan dan dengan terpaksa tidak mematuhi penerapan PPKM Darurat karena tuntutan keberlangsungan hidup.”Tegasnya.
Penanganan masalah Covid yang berkepanjangan dengan berbagai skema termasuk PPKM Darurat telah memerosotkan perekonomian nasional dan memperdalam krisis ekonomi rakyat.”Pertumbuhan ekonomi minus, Negara mengalami defisit anggaran, hutang Negara meningkat untuk penanganan Covid termasuk alat kesehatan dan Vaksin. Dari keseluruhan lagi-lagi rakyatlah yang paling menderita akibat dari kebijakan pemerintah Jokowi-Ma’ruf.”Papar Pengusaha Lobster ini.

Namun disisi lain,HUMAS FAKTA RI itu menyaranakn supaya masyarakat senantiasa menjaga diri dan keluarga.”Tetap beraktivitas dengan standar prokes. Tidak kerja tidak makan kita.”tutupnya.(E011)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here