Dulu Jadi Sekolah Favorit, SMPN 2 Praya Barat Kini Sepi Peminat.

Dulu Jadi Sekolah Favorit, SMPN 2 Praya Barat Kini Sepi Peminat.
H. M Yusuf (Kepala Sekolah SMPN 2 Praya Barat) dan nampak halaman depan sekolah.

Ampenanpost. Pernah jaya pada masanya, kini kalah saing dengan sekolah swasta yang berada dekatnya. Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) 2 Praya Barat, Lombok Tengah, kini sepi peminat.

Sampai di tutupnya penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN 2 Prabar itu hanya mendapatkan 7 siswa saja untuk tahun ini. Menurut informasi yang beredar, sepinya peminat sekolah tersebut dikarenakan banyaknya sekolah swasta yang berdekatan yang jaraknya sangatlah minim dengan sekolah tersebut. Tak hanya itu, banyaknya masyarakat sekitar yang menyekolahkan putra dan putrinya ke Pesantren juga berdampak.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 2 Praya Barat H. M Yusuf menerangkan sejak tahun 2018 masih dipimpin oleh kepala sekolah yang lama, sekolah tersebut sudah sepi peminat. Entah apa yang melandasi, M Yusuf enggan untuk membeberkan permasalahan tersebut.”semenjak 2 tahun terakhir kepala sekolah yang lama, sudah sepi peminat sekolah ini (SMPN 2 Prabar red). Entah apa sebabnya”,Ungkapnya saat ditemui Ampenanpost di ruangnnya.Kamis(8/7/21).

Mantan kepala sekolah SMPN 9 Praya Barat itu juga menyamapaiakan sepinya peminat sekolah tersebut dilandasi beberapa sebab. Yakni pertama, banyaknya sekolah swasta yang di sekelilingnya, kedua banyaknya masyarakat setempat yang lebih memilih menyekolahkan anaknya ke pondok pesantren dibandingkan dengan yang sekolah umum.”sekolah sudah banyak sekarang. Dan juga di Desa kateng dan mangkung pada umumnya sudah banyak pesantren”,Beber Yusuf.

Berbagai persoalan tentang sekolah tersebut tentu menjadi PR bagi dirinya, tak hanya itu, dia juga menjelaskan sejak 2 tahun yang lalu, pihaknya sudah turun untuk sosialisasi kepada masyarakat supaya bisa mendapatkan murid seperti dulu. Namun nihil hasilnya.”tapi pas kita turun, malah banyak yang bilang sudah sudah tidak mau masukkan anaknya kesekolah ini. Yang jelas saya tidak tahu apa sebabnya”,Lanjutnya.

Saat yang sama, yusuf juga kedepannya akan berupaya untuk menata kembali sistem dan tata kelola sekolah yang dipipinnya saat ini, dan ia juga berharap dengan program yang akan dibuka tersebut bisa memulihkan kondisi sekolah saat ini.”untuk kedepan, kita akan coba dengan program kesenian dan agama. Dan mudah mudahan, bisa memulihkan keadaan ini seperti dulu”,Tegasnya.

Yang jelas pihaknya akan berusaha melakukan upaya yang terbaik, tentunya demi memulihkan kembali kondisi seperti sedia kala.”Sulit memang, tapi insya Allah akan kita coba”,Tutupnya.AP(E011).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here