Perempuan Juga Pantas Menjadi Seorang Pemimpin. Maka Jangan Remehkan!!

Perempuan Adalah Pemimpin
Dokumentasi Pribadi (Tias). Penulis

Ampenanpost. Pemimpin adalah orang yang mengemban tugas dan tanggung jawab untuk memimpin dan mempengaruhi orang lain yang di pimpinnya, sedangkan Perempuan adalah manusia berjenis kelamin betina.

Sosok perempuan pemimpin. Dalam hidup Tuhan menciptakan alam dan seisinya, ada baik dan buruk, ada tinggi dan pendek, jauh dan dekat, pria – wanita, atau laki-laki dan perempuan, itu semua adalah bukti dari kesempurnaan meskipun itu sebuah perbedaan.

Peristiwa Budaya dalam Pilkada 2020 Lombok Tengah

Perbedaan bukanlah sebuah permainan kata, tapi hal yang harus dipahami. Dengan adanya perbedaan itulah yang menyebabkan kebaikan muncul Pria-wanita atau laki-laki dan perempuan sangat menentukan perkembangan dunia namun seringkali keberadaan perempuan selalu di kesampingkan atau dengan kata lain adanya diskriminasi perempuan, seringkali gerakan serta pendapat tidak pernah di perhatikan.

Kemajuan peran perempuan di dalam kepemimpinan di Indonesia sungguh luar biasa, keinginan untuk mendapatkan jatah lebih besar dalam kancah politik terakomodasi dengan adanya kuota 30% untuk pengurus parpol dan pencalonan legislatif.

TP PKK NTB Dukung Partisipasi Aktif Perempuan Penyandang Disabilitas dalam Pembangunan Daerah

Perempuan mampu memainkan perannya dalam mewujudkan demokrasi yang tidak bias gender dan menjadi bukti kedewasaan suatu bangsa. Perempuan ingin dunia memperlakukan kaumnya secara proporsional,hal ini lah yang salah satunya berimplikasi pada testimulasi kaum perempuan untuk bersaing dengan kaum laki-laki dalam hal memimpin atau menjadi pemimpin.

Ketokohan perempuan di Indonesia bisa di lihat atau di cari pada sisi profesionalitas, intelektualitas, dan tentu saja track record dalam memimpin organisasi atau bidang tertentu.

Contoh Perempuan yang Mengisi Jabatan Setrategis di Indonesia.

Marie E Pangestu (Menteri perdagangan) pada masa presiden SBY
Sri Mulyani (Menteri keuangan) pada masa SBY sampai Jokowi Dodo
Siti Fadhilah (Menteri kesehatan) Masa SBY
Tri Rismaharini (Menteri Sosial) Saat ini, tak hanya itu, Risma adalah wanita pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya sepanjang sejarah.
Retno Lestari Priansari Marsudi (Menteri Luar Negri) saat ini, dan Beliau adalah perempuan pertama yang menjabatai kursi menteri Luar Negri sepanjang sejarah Negara Indonesia.
Begitu juga dengan Puan Maharani (Ketua DPR RI) Saat Ini,
Begitu juga dengan Gubernur Jawa Timur saat ini, yang sudah tidak asing lagi di hadapan Publik, yang orangnya cukup nyentrik, dan penomenal. Khofifah Indar Parawansa, setelah keluar dari jabatan menteri, khofifah terpilih menjadi orang nomor satu di jawa timur.

Kepemimpinan Partai Politik

Megawati Soekarnoputri (PDIP)
Muthia Hatta (PARTAI PKPI)

Pemimpin dalam Islam

Ratu Balqis, pemimpin bijak dan berhasil memimpin rakyat hingga Makmur dan sejahtera
Asiyah, kemandirian dan ketegasan iman nya menjaga kehormatan dan sebagainyanya.

Ini salah satu bukti kepercayaan pemerintah terhadap kemampuan memimpin perempuan.

Pro dan kontra, setuju dan tidak setuju
Keinginan perempuan untuk berkecimpung dalam ranah publik tidak dapat di lepaskan dari perdebatan, keinginan perempuan dalam hal memimpin khususnya pada jabatan politik selalu menjadi bahan perbincangan padahal negara Indonesia adalah negara demokrasi dan sudah seharusnya perempuan mempunyai kedudukan dan memiliki hak yang sama dalam membangun bangsa sesuai dengan yang tercantum di UUD 1945.

Seharusnya segala macam hambatan yang dapat menganggu kiprah perempuan sudah harus direformasi total namun seringkali ideologi, psikologi,dan minimnya SDM perempuan di jadikan senjata untuk menyerang eksistensi perempuan diranah publik.

Hal yang mendasar kenapa perempuan adalah pemimpin yang lebih handal.

Komunikasi yang membangun relasi dan kontrol krisis yang di hindari. Perempuan tidak hanya mengendalikan IQ dan ketrampilan tekhnikal mereka tetapi mereka juga menggunakan kecerdasan emosional, Interpersonal skill, empati dalam berkomunikasi yang merujuk pada kejujuran, dan integritas yang tinggi dan tentu saja hal ini yang menyebabkan perempuan lebih mudah untuk di dekati dan membangun kepercayaan dan relasi dengan orang lain.

Rahasianya adalah mereka menyerap ketidakpastian yang sedang berlangsung, berkomunikasi secara terbuka tanpa ada rasa ragu dan membingkai krisis, menciptakan bentuk urgensi dalam berkomunikasi serta mengambil tindakan tegas setelah berdelegasi.

Catatan akhir, negara yang dipimpin oleh perempuan mampu untuk menahan angka Covid-19 yang semakin tinggi, diantaranya Taiwan, Islandia, Islandia baru, Finlandia, Norwegia, dan Jerman.

Perempuan adalah pemimpin hebat!!
Apakah kamu salah satu nya?

Oleh: Titi Tias Nuarika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here