Pembangunan Pukesmas di Lombok Tengah Dinilai Banyak Kejanggalan

Pembangunan Pukesmas Awang Dinilai Banyak Permasalahan

Ampenanpost. Terkait dengan pembanguna puskesmas dinilai dan diduga banyak kejanggalan, maka gabungan dari LSM Gong Praje Sasak dan LSM KODE HAM NTB mendatangi kantor Dinas Kesehatan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.Jum’at 21/5/21.

Kedatangannya tersebut guna menanyakan kepada Dinas kesehatan Loteng tentang permasalahan apa yang terjadi sehingga pembangunan beberapa pukesmas yang menurutnya begitu lamban, dan belum juga bisa diselsaikan sampai sekarang, sebagaimana menurutnya pembangunan tersebut sudah melewati masa pengerjaan.

M. Zaini mengatakan Aksi Tersebut dalam hal Mempertanyakan kepada Dikes mengapa puskesmas ini lambat terselesaikan sehingga melewati tahun anggaran.” Seharusnya Dinas kesehatan harus mampu mengklarifikasi terkait perpanjangan kontrak tersebut,”terang M. Zaini.

Kemudian Zaini menjelaskan bahwa Masyarakat ingin mengetahui apakah ada adendum kepada perusahaan pemenang tender.” Pemenang tender ini jangan sampai pekerjaan belum jadi malah sudah kabur, jadi bagaimana pengerjaan ini bisa diselsaikan,”ujarnya

Pihaknya juga meminta supaya Dikes mampu untuk memperjelaskan lagi, sebab pembangunan tersebut banyak menimbulkan pertanyaan,”Kami juga meminta penjelasan kepada Dinas Kesehatan terhadap pemanfaatan puskesmas saat ini, sementara masyarakat sangat butuh sarana dan prasarana untuk pelayanan kesehatan,”Lanjut Pembina GPS NTB itu.

Ali Wardana ketua Kode HAM NTB juga mempertanyakan Sejauh mana tenggung jawab Pemda terhadap peristiwa ini. Apakah akan diam saja atau bagaimana?,”karena hal ini harus jelas, tidak mungkin harus seperti ini saja, oleh sebab itu kami pertanyakan disini”.ungkap Wardana.

Ali juga menerangkan bahwa khusus untuk Puskesmas Awang, Kode HAM sendiri mengetahui bahwa Alat Kesehatan (Alkes red) belum mencukupi dan belum jelas penganggarannya.”Kenapa ada bangunan kalau belum ada Alkesnya?
Ini perencanaan model apa?
Terkesan pembangunan ini dipakasakan oleh Pemda (Dikes) dalam hal ini”,Jelasnya.

Sementara di waktu yang sama, Aan sebutannya selaku PPK Dinas Kesehatan Lombok Tengah menyampaikan bahwa pihaknya sudah melaksanakan Tugasnya dengan baik, dan sudah melalui prosodur yang tepat,”untuk pukesmas awang, sekarang sudah dipakai, dan semua yang diduga ini Secara aturan kita sudah lalui, mulai dipriksa oleh BPK dan sudah di audit pula, jadi aturan sudah kita laksanakan”,Tegasnya.(E011)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here