LSM Gempar NTB Menduga Ada Permainan Diproses Pencairan Bantuan Dana BPUM

LSM Gempar NTB Menduga Ada Permainan Diproses Pencairan Bantuan Dana BPUM
Hamzan Halilintar (Ketua LSM Gempar NTB)

Ampenanpost. Diduga ada permainan pada proses pencairan dana Bantuan UMKM atau bantuan produktif usaha mikro (BPUM) 2021 yang disalurkan melalui BNI.

Ketua Umum LSM Gempar NTB, Hamzan Halilintar kepada media menyampaikan, pihaknya mendapatkan laporan dari sejumlah warga penerima bantuan di Lombok Tengah.“Yang aneh, saat warga langsung yang mengurus pemblokiran malah tidak bisa. Namun kalau calo yang mengurus justeru bisa,”kata Hamzan Halilintar.

Selain itu lanjut Hamzan Halilintar, ada warga yang hingga saat ini malah belum menerima dananya setelah diurus oleh oknum calo tersebut.“Pencairan dana bantuan ini kan terdiri dari tiga tahapan. Dan saat ini sudah memasuki proses pencairan tahap tiga, namun karena proses lamban, bahkan ada warga yang hingga saat ini belum melakukan pencairan tahap pertama hingga ke tiga,”ungkapnya.

Halilintar juga menyampaikan ketika warga yang mengurus langsung (langsung ke Bank), maka diminta oleh petugas BNI untuk mengurus atau mengambil sesuai jadwal.”Namun kalau melalui calo (Jalur calo red), bisa mencirkan kapan saja secara sekaligus dari tahap pertama hingga ke ketiga,”imbuhnya.

Sehingga lanjut Hamzan Halilintar, banyak warga yang dengan terpaksa menyuruh oknun calo walau dipotong sampai Rp.300 ribu untuk masing-masing penerima.“Maka atas aduan masyarakat tersebut, dalam waktu dekat kami akan gedor pihak BNI untuk menanyakan hal ini,”tandas Hamzan Halilintar.

Sementara itu, pihak BNI saat dikomfirmasi via phone celulernya terkait persoalan tersebut, tidak menjawab panggilan. (E011)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here