Siap-Siap! Vaksinasi Terhadap Lansia Di Lombok Tengah Akan Segera Dilakukan.

Praya- Ampenanpost.com. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) memutuskan mengalihkan prioritas vaksinasi Covid-19, dengan fokus kepada kelompok lanjut usia (lansia). Menyusul terus bertambahnya kasus kematian Covid-19 di Loteng yang saat ini sudah menyentuh angka 43 kasus kematian. Dengan sebagian besar korban meninggal dunia merupakan berusia lanjut.

“Untuk petugas pelayanan publik termasuk guru, vaksinasinya tetap berjalan. Namun sekarang kita akan lebih fokus dan genjot lagi vaksinasi bagi kelompok lansia,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng, dr. Muzakir Langkir, kepada wartawan, Kamis, 22 April 2021.

Siap-Siap! Vaksinasi Terhadap Lansia Di Lombok Tengah Akan Segera Dilakukan.

Usai rapat koordinasi di Mapolres Loteng, Langkir mengatakan capaian vaksinasi untuk kelompok lansia di Loteng masih rendah. Baru tercapai sekitar 34 persen untuk tahap awal. Sementara sasaran vaksinasi untuk lansia cukup besar mencapai 78 ribu orang. Sehingga butuh upaya percepatan lagi.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya menekan kasus kematian pasien Covid-19 di Loteng yang memang kebanyakan merupakan kelompok lansia. “Kelompok lansia ini termasuk yang paling rentan dan berisiko tinggi terpapar Covid-19. Dengan kasus kematian yang cukup tinggi pula,” sebutnya.

Siap-Siap! Vaksinasi Terhadap Lansia Di Lombok Tengah Akan Segera Dilakukan.

Untuk itu mulai sekarang, vaksinator dan petugas kesehatan yang ada di rumah sakit maupun di puskesmas-puskesmas mulai digerakkan, melakukan vaksinasi terhadap kelompok lansia. Berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa serta perangkat keamanan yang ada di bawah. Bahkan jika diperlukan, petugas melakukan vaksinasi door to door dengan terjun langsung mendatangi tempat tinggal lansia sasaran vaksin Covid-19.

“Yang namanya lansia, terkadang kesulitan kita untuk mengumpulkannya di satu tempat. Jadi di beberapa tempat, petugas yang langsung turun melakukan vaksinasi dengan mendatangi rumah lansia yang jadi target vaksinasi,” ujar Langkir.

Siap-Siap! Vaksinasi Terhadap Lansia Di Lombok Tengah Akan Segera Dilakukan.

Disinggung kesiapan vaksin Covid-19, Direktur RSUD Praya ini menegaskan tidak ada persoalan. Stok vaksin Covid-19 masih aman, sehingga dipastikan meski vaksinasi untuk kelompok lansia digenjot, tidak akan sampai mengganggu program vaksinasi bagi petugas pelayanan publik serta tenaga pendidik atau guru yang sudah berjalan sebelumnya.

Terpisah, Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK., jika memang dibutuhkan pihaknya siap mengawal vaksinasi bagi kelompok lansia. Harapannya, program vaksinasi bagi lansia bisa optimal, sehingga apa yang menjadi target bisa tercapai. “Kalau memang butuh pengawal dari personel kepolisian, kita siap,” ujarnya.

Menjelang Vaksinasi Lansia. Kapolres Loteng Adakan Rakor Bersama Bupati

Diakuinya,salah satu kendala kenapa kemudian vaksinasi belum maksimal, utamanya kelompok lansia dikarenakan pemahaman masyarakat yang keliru soal vaksinasi Covid-19. Banyak masyarakat yang masih ragu dengan kualitas, keamanan maupun efektivitas vaksin Covid-19. Bahkan banyak juga yang beranggapan vaksin Covid-19 tidak halal.

“Kita akui, pemahaman yang keliru soal vaksin jadi kendala dalam upaya optimalisasi vaksinasi di daerah ini,” sebutnya.(E011)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here