Sebanyak 435 Gempabumi terjadi Pada Bulan Maret 2021 di NTB
Gempabumi

Sebanyak 435 Gempabumi terjadi Pada Bulan Maret 2021 di NTB

AmpenanPost. Seismisitas di wilayah NTB dan sekitarnya yang tercatat dan teranalisa oleh Stasiun Geofisika Mataram Bulan Maret 2021 telah terjadi gempabumi sebanyak 435 kejadian yang didominasi oleh kejadian dengan Magnitudo <3.0 dan kedalaman dangkal <60 Km. Dari 435 kejadian tersebut terdapat 3 gempabumi yang dirasakan sekitar wilayah Nusa Tenggara Barat.

Untuk Gempabumi yang dirasakan diwilayah NTB secara umum menghasilkan intensitas III MMI. Intensitas terkecil yang dirasakan di wilayah NTB adalah II MMI yang dirasakan di wilayah Bima dan Sumbawa Besar untuk gempabumi 19 Maret 2021 pukul 00:10:46 WITA dan gempabumi 19 Maret 2021 pukul 00:33:17 WITA. Kejadian gempabumi 25 Maret 2021 pukul 18:54:00 WITA dirasakan di wilayah Sumbawa dengan intensitas III MMI.

Dari Analisa gempabumi di wilayah NTB dan sekitarnya Bulan Maret 2021 dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu gempabumi berdasarkan magnitudo, frekuensi kejadian dan kedalaman tiap kejadian gempabumi.

Adapun uraiannya berdasarkan Grafik Frekuensi Kejadian Gempabumi pada Bulan Maret 2021 terlihat kejadian gempabumi terbanyak pada tanggal 28 Maret 2021 sejumlah 28 Kejadian.

Sedangkan berdasarkan besar magnitudonya gempa dengan M < 3 sebanyak 308 kejadian, gempa dengan 3 ≤ M ≤ 5 sebanyak 127 kejadian dan terdapat tidak terdapat kejadian untuk gempa dengan M > 5.

Kemudian berdasarkan kedalaman gempabumi gempabumi dengan kedalaman < 60 km sebanyak 365 kejadian, gempabumi dengan 60 km ≤ D ≤ 300 km sebanyak 67 gempabumi dan terdapat 3 kejadian gempabumi dengan kedalaman > 300 Km.

Pada Minggu Pertama Seismisitas di wilayah NTB dan sekitarnya yang tercatat dan teranalisa oleh Stasiun Geofisika Mataram Minggu Pertama Maret 2021 telah terjadi gempabumi sebanyak 121 kejadian yang didominasi oleh kejadian dengan Magnitudo <3.0 dan kedalaman dangkal <60 Km. Dari 121 kejadian tersebut tidak terdapat gempabumi yang dirasakan sekitar wilayah Nusa Tenggara Barat.

Minggu Kedua , Seismisitas di wilayah NTB dan sekitarnya yang tercatat dan teranalisa oleh Stasiun Geofisika Mataram Minggu Kedua Maret 2021 telah terjadi gempabumi sebanyak 80 kejadian yang didominasi oleh kejadian dengan Magnitudo <3.0 dan kedalaman dangkal <60 Km. Dari 80 kejadian tersebut tidak terdapat gempabumi yang dirasakan sekitar wilayah Nusa Tenggara Barat.

Minggu Ketiga Seismisitas di wilayah NTB dan sekitarnya yang tercatat dan teranalisa oleh Stasiun Geofisika Mataram Minggu Ketiga Maret 2021 telah terjadi gempabumi sebanyak 114 kejadian yang didominasi oleh kejadian dengan Magnitudo <3.0 dan kedalaman dangkal <60 Km. Dari 114 kejadian tersebut tidak terdapat gempabumi yang dirasakan sekitar wilayah Nusa Tenggara Barat.

Untuk Minggu keempat, Seismisitas di wilayah NTB dan sekitarnya yang tercatat dan teranalisa oleh Stasiun Geofisika Mataram Minggu Keempat Maret 2021 telah terjadi gempabumi sebanyak 75 kejadian yang didominasi oleh kejadian dengan Magnitudo <3.0 dan kedalaman dangkal <60 Km. Dari 75 kejadian tersebut terdapat 3 gempabumi yang dirasakan sekitar wilayah Nusa Tenggara Barat.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.” Kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si. kepada media AP melalui pers rilisnya, sampai berita ini diturunkan ada tambahan gempabumi.

Mungkin Menarik :

Awasi perairan NTB, Patroli Gabungan digelar Ditpolair Polda NTB, Bea Cukai dan TNI AL

Dayat

Pertahankan Kondisi KLU Polisi Bersama Satgas dan TNI terus Lakukan Operasi Yustisi.

Dayat

FAKTA RI, sebagai pelopor pertama yang melakukan vaksinasi secara kolektif.

Edi Suryansyah

Warga Temukan Mobil Pick Up Tak Bertuan di Praya Timur

Dayat

Bank Dinar Kembali Sabet Golden Awards Ajang Infobank 2020

Dicky

Polres Loteng Gelar Apel Kesiapan Operasi Keselamatan Rinjani 2021

Edi Suryansyah