20210430 042145

Bantu 100 Hari Kerja Bupati Loteng. Kelurahan Leneng Launcing Pelayanan Adminduk Berbasis RT/Lingkungan

Lombok Tengah-Ampenanpost.com. Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah, khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus melakukan perbaikan peningkatkan pelayanan terhadap administrasi kependudukan (Adminduk), semua itu tidak lain untuk terwujudnya tertib adminduk warga.

Bahkan salah satu program 100 hari bupati dan wakil bupati terpilih, H. L. Pathul Bahri-H. M. Nursiah adalah salah satunya mempercepat terwujudnya tertib adminduk warga, serta memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Pertama di Lombok Tengah. Pelayanan Adminduk Berbasis RT/Lingkungan

Atas program bupati dan wakil bupati itu pihak kelurahan Leneng, kecamatan Praya merespon dengan melaunching pelayanan adminduk berbasis warga RT/Lingkungan.“Inovasi ini kami buat tidak lain untuk membantu Disdukcapil dalam menertibkan dan mempercepat penuntasan adminduk di Loteng,” kata Lurah Leneng L Muhamad Isnaini dalam kegiatan tersebut di Lingkungan Tebero, Kamis (29/04/2021).

Apalagi tambah Isnaini, sudah jelas dan tegas dalam program 100 hari kerja pak bupati dan wakil bupati adalah melakukan perubahan atau perbaikan dalam kepengurusan adminduk di Disdukcapil.“Salah satu mewujudkan program bapak bupati dan wakil bupati itu yakni dengan melibatkan RT/Kaling dalam melakukan pendataan dan kepengurusan adminduk warganya,” tuturnya.

Pertama di Lombok Tengah. Pelayanan Adminduk Berbasis RT/Lingkungan

Bahkan dalam tugas RT/Kaling tercantum tiga tupoksinya, pertama melakukan pendataan kependudukan, gotong royong dan pembangunan di lingkungannya. Tapi diketahui sejauh ini tata kelola adminduk di masing-masing RT/lingkungan di Kelurahan Leneng sudah sangat bagus.“Kita berharap pak RT/Kaling tetap solid dalam menata tata kelola adminduknya yang sudah ada. Kalau masih kurang, silahkan dilengkapi. Begitu juga segara menguruskan warganya ke Disdukcapil,” jelasnya.

Sementara, program pelayanan adminduk berbasis warga RT/Lingkungan baru di terapkan di tiga lingkungan zona utara, seperti lingkungan Tebero Amen, Teboro Bermis dan Tebero Induk.“Untuk 8 lingkungan yang lain akan segera kita launching juga. Intinya semua RT/Lingkungan di Kelurahan Leneng akan menerapkan program tersebut. Kami hanya berharap sinergitas antar warga, RT, Kaling dam kami (Kelurahan red) terus terjalin dengan baik, sehingga bisa mensukseskan program pak bupati dan wakil bupati serta terwujudnya tertib adminduk di Disdukcapil,” harapnya.

Pertama di Lombok Tengah. Pelayanan Adminduk Berbasis RT/Lingkungan

Kepala Dinas Dukcapil Loteng, Baiq Anita Nindiana sangat apresiasi atas inovasi kelurahan Leneng.“Program yang diterapkan Kelurahan Leneng sangat membantu kami dalam mempermudah data adminduk warga. Semoga program ini berjalan maksimal dan lancar,” ungkap saat membuka kegiatan itu.

Apalagi kata Anita, target dalam progres adminduk di Loteng baru mencapai 97 persen. Sehingga dengan program yang diluncurkan Kelurahan Leneng ini sangat membantu Disdukcapil dalam mewujudkan tertib adminduk di Loteng.“Kami berharap inovasi yang dilakukan Kelurahan Leneng bisa diikuiti oleh kelurahan maupun desa yang lainnya. Karena kalau semuanya menerepkan ini maka data kita bisa valid dan yang lebih tahu dan paham soal warganya adalah RT/Kaling,” harapnya.

Pertama di Lombok Tengah. Pelayanan Adminduk Berbasis RT/Lingkungan

Kasi Pelayanan dan Pembangunan Kecamatan Praya, H Darmawi mengucapkan hal senada.“Kami pun berharap kelurahan dan desa lain bisa mengikuti program yang dilakukan kelurahan Leneng. Sehingga bisa membantu Pemda, khususnya Disdukcapil dalam mewujudkam tertib adminduk warga,” pungkasnya.(E011)

 

Mungkin Menarik :

Kejelasan Penanganan Dugaan Tambak Udang Suryawangi, Tinggal Memanggil Beberapa Orang

Dicky

Seorang Nelayan Hilang Saat Melaut di Pantai Gerupuk Lombok Tengah

Dayat

HKTI NTB Tepis Asumsi Negatif, Yakinkan Masyarakat Program 10 Juta Sapi Itu Nyata

Dicky

DPD HKTI NTB Buka Pendaftaran Calon Mitra Peternak Program 10 Juta Ekor Sapi

Dicky

Bupati Beri Penjelasan Ke Fraksi Soal PAD, Rencana Pembangunan Hingga Tambak Udang

Dayat

Kadis Sosial Kab Lotim, Minta Maaf Kepada Ketua Yayasan Server Indonesia

Dayat