desapemepek

Lomba Kampung Sehat Dua, Kades Pemepek Ajak Warganya Taat Prokes

AmpenanPost. Lomba kampung sehqt dua, Kepala Desa (Kades) Pemepek, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama tiga pilar TNI-Polri, manfaatkan Lomba Kampung Sehat Dua yang digelar Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) untuk menyemangati warga menerapkan protokol kesehatan guna mencegah Covid-19 masuk desa.

Dalam Lomba Kampung Sehat Dua yang Di Inisiasi Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) Irejn Pol Mohammad Iqbal S.I.K MH ini, diasambut baik Kepala Desa Pemepek Marlan, dia mengatakan bahwa Lomba Kapung Sehat ini dapat dijadikan alasan untuk menyemangati warga agar mau dan terbiasa menjalankan protokol kesehtan.

“mumpung ada Lomba sekalian kita ajak warga memenangkan lomba dengan menerapkan Protokol Kesehatan setiap hari, supaya warga kami terlatih untuk membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan dimanapun mereka berada,” kata Kepala Desa Pemepek Marlan, di kantornya, Jumat (19/3/2021).

Untuk mencapai tujuannya, Marlan memanfaatkan tradisi rembuk warga yang biasa diadakan secara spontan oleh setiap Kepala Dusun bersama warga yang ada di Desa Pemepek, untuk bermusyawarah menyatukan pendapat bila ada program atau kegiatan yang akan di lakukan di Dusun.

Tradisi rembug warga usai sholat jum’at dimanfaatkan marlan untuk sosialisasikan segala jenis program desa, termasuk mensosialisasikan protokol kesehatan dalam memenangkan Lomba Kampung Sehat 2 ini.

“rembuk warga usai sholat jumat sudah menjadi tradisi di desa kami, jadi kami tidak susah susah mengumpulkan warga disatu tempat, cukup kita datang dihari jum’at disetiap masjid di Desa Pemepek ini maka kita akan ketemu dengan warga,” jelasnya.

Marlan menyebut kegiatan bertemu warga setiap hari Jum’at itu sebagai Safari Jum’at, setiap hari Jum’at Marlan ditemani Bhabinkamtibmas dan Babinsa Sholat Jum’at disetiap Masjid yang ada di Dusun Desa Pemepek, ini guna membahas berbagai persoalan desanya termasuk mengajak masyarakat memenangkan lomba kampung sehat 2 untuk membiasakan warga mentaati prokes.

Dijelaskan Marlan, hasil yang dicapai dari Safari Jum’atnya itu, mampu merubah zona kuning desanya menjadi zona Hijau pada Desember 2020 lalu.

Safari Jum’at terus dilakukan walaupun zona didesanya sudah menjadi hijau, Marlan yakin bahwa langkah tersebut mampu mempertahankan zona hijau desanya.

“Alhamdulillah Desa Pemepek sampai sekarang masih menjadi zona hijau, berkat sosialisasi yang terus kami gelorakan melalui Safari Juma’at ini,” jelasnya.

Mungkin Menarik :

Operasi Yustisi Kembali Dilakukan Polres KLU Guna Memulihkan Kondisi

Dayat

Unram Perkuat Unit Kerja dengan Meningkatkan Implementasi SPMI

Dayat

Tingkatkan IPM, Bupati Lotim, Gelar Koordinasi dengan Baznas

Dicky

Unram Gelar Sosialisasi SNMPTN, UTBK-SBMPTN dan Jalur Mandiri 2021

Dayat

Forum Masbagik Gelar Silaturrahmi dengan Wabup Lotim

Dicky

Analisis Kejadian Hujan Es di Montong Gading, Lombok Timur

Dayat