pungli

Berantas Pungli Masyarakat Diminta Lapor Melalui Beberapa Wadah

AmpenanNews. Irwasda Polda NTB bersama Inspektorat Provinsi NTB dan Kejati NTB perkuat pencegahan Pungutan Liar (Pungli) di Nusa Tengagra Barat (NTB) hal itu ditandai dengan pemasangam banner himbauan tolak Pungli di beberapa kantor tempat pelayanan publik yang ada di kota Mataram, seperti Kantor Pelayanan BPKB Ditlantas Polda NTB, Kantor Samasat, dan Kantor Imigrasi.

“banner seperti ini kita akan pasang dikantor kantor pelayanan publik yang ada di NTB,” jelas Irwasda Polda NTB Kombes Pol Djoko Hari Utomo di kantor Inspektorat NTB, Jalan Langko, Kota Matatam, Rabu (3/3/2021)

Kegiatan pemasangan tersebut terdapat himbauan tolak pungli, selain itu terpampang juga beberapa aplikasi, nomor Telfon dan nomor HP yang dapat dihubungi masyarakat sebagai wadah pengaduan bagi masyarakat apabila mereka terkena pungli atau mendapat informasi terkait pungli tersebut.

“kami harap semua masyarakat terlibat dalam memberantas Pungli di NTB,” jelasnya melalui pers rilisnya.

Jika ada keluhan atau terkait pungli dilapangan masyarakat bisa menghubungi nomor telfon (0370)6213360, atau bisa juga kirim SMS ke nomor HP 0811391300, selain itu bisa juga melalui website www.inspektorat.ntbprov.go.id, selain wbsite masyarakat juga bisa kirim aduan melalui email inspektorat@ntbprov.go.id / pengaduanmasyarakat@gmail.com. atau bisa juga melalui aplikasi Polisiku yang disiapkan Polda NTB untuk menerima aduan dari masyarakat.

Begitu juga dengan Inspektorat Provinsi NTB, Ibnu Salim S.H, M.Si menjelaskan, bahwa pihaknya tidak hanya memberantas Pungli melalui banner saja namun dia akan melakukan sistem pengendalian internal dan management resiko yang sudah diberlalukan kepada setiap perangkat daerah.

“disini ada unit khusus yang akan memberikan workshop dalam penyusunan progam resiko untuk OPD di NTB,” jelasnya.

Sedangkan untuk internal inspektorat sendiri pihaknya sudah menanamkan integritas kepada semua pagawainya, termasuk tim auditornya, untuk tidak menerima suap dilapangan.

Inspektorat sendiri dalam pemeriksaan hasil audit tidak hanya terhenti di tim audit saja namun akan ada tim yang lain lagi yang akan mengecek hasil audit tersebut.

“ini semua kami lakukan untuk mencegah pungli di tubuh inspektorat sendiri,” jelasnya

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Noviar, dihari pemasangan baner ini, menyambut baik program tersebut, karena selaras dengan program Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang telah diprogramkannya.

“pelayanan publik kita lakukan secara transparan, segala macam bentuk pembiayaan kita jelaskan pada saat kita melayani masyarakat,” pungkasnya.

Mungkin Menarik :

Pakar Hukum Sebut Kerumunan di Maumere Spontan, Tak Ada Unsur Pidana

Dicky

Polresta Mataram Polda NTB Identifikasi Mayat Tanpa Identitas Nyangkut di Keramba

Dicky

Cekfakta, Surat Suara Ditemukan Sudah Tercoblos di TPS Malaka, Begini Faktanya

Dicky

Ditinggal Antar Anak, Rumah di Desa Jembatan Kembar Lembar Ludes Terbakar

Dayat

Rektor Dorong Mahasiswa Rebut Juara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

Dayat

MASATA Loteng, Yayasan Kebon Sepatu dan Mandalika Hotel Association Sepakat Kerjasama Bangun Desa Wisata.

Edi Suryansyah