humasunram

Aktif Penaggulangan Kebencanaan, Universitas Mataram Diberikan Penghargaan oleh BNPT

AmpenanPost. Dinilai terlibat aktif, konsisten, dan inovatif dalam penanggulangan bencana, Universitas Mataram (Unram) diganjar dengan penghargaan Penanggulangan Bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penghargaan diterima Unram pada acara Rapat Kerja Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2021, sekaligus peringatan HUT BNPB yang digelar secara daring, pada Rabu (10/3/2021).

Rektor Unram, Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum atas nama civitas akademika menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNPB atas piagam penghargaan yang diberikan. Ia berharap semoga kedepannya Unram bisa berperan lebih aktif lagi, konsisten, dan lebih inovatif dalam penanggulangan bencana baik alam maupun non alam.

“Pemberian penghargaan ini terbatas hanya kepada UGM, ITB, UI, Universitas Tadulako, Unhas dan Unram,” pungkasnya.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Unram (WR IV), Yusron Saadi, ST., M.Sc., Ph.D, mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Unram ini melalui Pusat Kajian Pengelolaan Risiko Bencana (PKPRB) Fakultas Teknik (FT) dan LPPM Unram karena aktif bekerja sama dengan BNPB. Kerja sama dilakukan dalam hal yang bersifat teknis maupun non-teknis terkait penanggulangan bencana.

“Keterlibatan ini kami rasakan sangat penting, apalagi wilayah kita berada di zona cincin api sehingga penting sekali pengembangan penanggulangan bencana tersebut,” ucapnya, Kamis(11/3/2021).

Lebih lanjut, Yusron mengatakan, Unram melalui PKPRB aktif terlibat mengikuti rangkaian acara Bulan Pengurangan Risiko Bencana (Bulan PRB), bahkan menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Di samping MoU dengan BNPB, Unram bersama dengan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dan Universitas Tadulako Palu membuat kerja sama Tripartite. Khususnya, dengan membentuk Konsorsium Tiga Perguruan Tinggi Pengurangan Risiko Bencana (3 PT PRB).

“Sudah beberapa kali mengadakan seminar dan workshop yang melibatkan partisipasi berbagai pihak dari dalam dan luar negeri,” tuturnya.

Lebih jauh WR IV Unram ini membeberkan, untuk mendukung kegiatan penanggulangan bencana, telah banyak kegiatan yang dilakukan Unram dengan BNPB. Diantaranya adalah Pemasangan Instrumen Peringatan Dini Tsunami di Kuta Mandalika oleh PKPRB FT Unram akhir tahun 2020.

Selain itu juga, ada kegiatan pendampingan sosial dan ekonomi pasca gempa NTB tahun 2018 melalui LPPM Unram dan masih berlangsung hingga tahun ini. Pelatihan SDM (Capacity Building) di bidang kebencanaan baik di dalam maupun luar negeri. Unram juga terlibat aktif di Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB). PKPRB FT dan LPPM Unram juga sering melakukan kegiatan Penyuluhan dan Pengabdian Masyarakat di bidang kebencanaan.

“Masih banyak kegiatan lainnya dan kami harapkan dengan keterlibatan ini bisa mengurangi dampak bencana yang terjadi di Indonesia karena kita berada di zona cincin api,” imbuhnya. (*)

Mungkin Menarik :

Baznas Lotim, Optimis Melalui “Lotim Cerdas” Bantu Persoalan Guru Honorer

Dayat

Polresta Selidiki Kasus Dua Anak Tenggelam dan Meninggal di Pemandian Gunungsari

Dicky

Polres Loteng Gelar Apel Kesiapan Operasi Keselamatan Rinjani 2021

Edi Suryansyah

Pohon Tumbang Dimana-mana, Kesigapan Gabungan Polres Lobar, Pos Ramil Labuapi, dan BNPB Berhasil Mengatasinya

Dayat

Gelar Wisuda Program Magister, Sarjana dan Diploma, Rektor Unram Dorong Lulusan Jadi Pencipta Lapangan Kerja

Dicky

Debat Publik Ke-II, Polres Lombok Tengah Kerahkan 140 Personil Gabungan

Dayat