Polairud Polda NTB Pastikan Keselamatan Penumpang Kapal di Lembar

AmpenanPost. Amanat Kapolda NTB bahwa hukum tertinggi di negara adalah keselamatan rakyat, amanat itu jelas di ucapkan Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K, MH pada apel persiapan tenaga vaksinator dan tracer Covid-19 serentak di lapangan Bahara Daksa Polda NTB, Kota Mataram, Kamis (11/02/2021).

Pada sore harinya Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolairud) Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga S.I.K, MSI di dampingi General Magaer (GM) Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Lembar Yulianto mengecek kondisi kapal dan penerapan Protokol kesehatan didalam kapal penyebrangan Lembar Padang Bae.

Melalui pers rilis Dirpolairud Polda NTB menegaskan agar nahkoda kapal selalu mengecek kondisi kapal sebelum berangkat dan mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan penumpang.

“selain mengecek kondisi kapal, 5 M yang menjadi pondasi antisipasi pencegahan penularan virus Covid-19 wajib di jalankan,” ibaunya kepada nahkoda salah satu kapal penyebrangan Lembar Padang Bae, di pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Kamis (10/02/2021)

Ditpolairud juga memberi arahan kepada penumpang kapal untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak saat berada di kapal.

“hari ini kami jalankan rutinitas kami mengecek kondisi armada kapal penyebrangan, sekaligus mengecek penerapan protokol kesehatan yang di amanatkan Kapolda NTB,” jelasnya.

Begitu juga dengan GM ASDP Lembar Yulianto menjelaskan bahwa penumpang kapal diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, setiap saat petugas ASDP, Covid-19, TNI dan Polri selalu standby mengecek satu persatu penumpang yang akan naik kekapal.

“jika ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan petugas akan menyetop mereka, apalagi yang tidak membawa surat keterangan sweb, mereka langaung disuruh kembali untuk melakukan sweb” jelasnya.

Dalam penerapan protokol kesehtan pihak ASDP juga mewajibkan penumpang menunjukkan surat keterangan sweb, jika tidak punya, penumpang tersebut tidak di ijinkan masuk ke kapal.

GM ASDP juga mengantisipasi penumpang yang tidak mempunyai surat keterangan sweb, pihak ASDP bekerjasama dengan petugas Covid-19 menyiapkan stand Sweb di pintu masuk kapal.

“penumpang tidak perlu khawatir kami sudah bekerjasama dengan petugas Covid-19 menyiapkan stand untuk melakukan sweb, jadi tidak ada masalah,” tandasnya.

Sedangkan dari Pihak TNI dari Angkatan Laut (AL) Lanal Mataram juga terlihat siaga setiap saat, mereka BKO dari Lanal Mataram untuk selalu ikut memantau kondisi di pelabuhan Lembar.

“kami dari Lanal Mataram bergantian jaga di sini,” jelas Koptu Warsito salah satu anggota BKO TNI AL Lanal Mataram

TNI AL Lanal Mataram menugaskan setiap harinya satu orang personil TNI AL membantu pihak kepolisian dan ASDP memantau aktivitas di pelabuhan lembar

“kami akan selalu siap siga di pelabuhan ini untuk membantu semua pihak yang memerlukan bantuan, termasuk membantu petugas Covid-19 untuk penerapan protokol kesehatan” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here