rapat kerja nasional pertanian 2021

Wali Kota Hadiri Rapat Kerja Nasional Melalui Video Conference

Ampenan Post, Mataram – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh mengikuti Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian 2021 yang diselenggarakan Kementrian Pertanian Republik Indonesia, melalui Video Conference bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram, Senin (11/01).

Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengingatkan potensi krisis pangan yang terjadi dalam skala internasional. “Kita tahu, FAO memperingatkan potensi terjadinya krisis pangan. Hati-hati mengenai ini, hati-hati,” ujarnya.

Presiden menjelaskan kondisi ini disebabkan oleh pembatasan mobilitas warga dan bahkan distribusi barang antarnegara, yang menyebabkan distribusi pangan dunia menjadi terkendala.

Oleh karenanya, Presiden Joko Widodo mendorong food estate dengan kawasan economic scale, yang bisa memproduksi kebutuhan pangan dalam skala besar. Seperti perencanaan awal tentang food estate yang sudah ditetapkan di Provinsi Sumatera dan Kalimantan Tengah yang harus diselesaikan pada tahun ini.

suasana rapat kerja nasional pertanian 2021
Suasana Video Converence bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram

Dengan pandangan pembangunan economic state akan menambah jumlah produksi setiap komuditas hasil pertanian. Peningkatan jumlah produksi ini akan mampu bersaing dengan komuditas yang diimpor dari luar negeri. Baik harga maupun kualitas. Sehingga masyarakat lebih tertatik dengan produksi dalam negeri.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan Food Estate menjadi focus utama, dengan terus memperhatikan areal tanam, dan memperluas ekspansi ke daerah lain.

Adapaun hal lain yang disampikan terkai terobosan seperti seribu desa perkebunan rumah tangga, setiap lahan rumah bsa dimanfaatkan untuk perkebunan. (kominfo kota mataram)

Mungkin Menarik :

Bupati Dan Wabup, Ingatkan Pimpinan OPD Lotim Hati-Hati Berkegiatan

Dicky

Implementasi Kebijakan MBKM, Unram dan Kanwil Kemenag NTB Teken MoU

Dicky

Wisata Halal, ‘Vaksin’ Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19

Dayat

Pasang Lampu Hias Jalan, Warga Aik Bukaq Tewas Kesetrum

Dayat

Ambruk, Logis Sebut Dispar Lobar Tak Becus Tangani Proyek

Toos

DPMD Lotim, Upayakan Pemerataan ADD Desa Mekarkan Dusun

Dicky