IMG 20210114 WA0010

Dugaan Kasus Alsintan 2018, Tinggal Menunggu Hasil BPKP

AmpenanPost. Proses hukum dugaan tindak pidana korupsi pengadaan alat dan mesin pertanian (Alsintan) tahun 2018, kini sudah pada tahap penyidikan.

Menurut penjelasan Kepala Seksi (Kasi) Intel, Kejari Lotim, L. M. Rasyid, sebelum dinaikan ketahap penyidikan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 20 saksi terkait.

“Kasus Alsintan tahun 2018 itu saat ini sudah masuk pada tahap penyidikan. Kami juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap para saksi yang ada kaitannya dengan kegiatan itu,” katanya saat ditemui media di ruang kerjanya, Rabu (13/01/2020).

Rasyid, juga mengakui, untuk menetapkan tersangka dalam dugaan kasus ini, pihaknya telah bersurat kepada Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) NTB, agar dapat dilakukan perhitungan oleh tim auditor untuk mengetahui persis kerugian negara.

“Kami sudah bersurat ke BPKP NTB agar dilakukan audit kerugian negara dalam kasus ini, hanya saja saat ini kami masih menunggu hasilnya untuk kemudian menetapkan tersangkanya, lebih cepat lebih baik,” tegasnya.

Lanjutnya, Adapun indikasi tipikor dalam kasus pengadaan Alsintan 2018 itu adalah dari segi pengelolaan, dimana seharusnya dilakukan oleh kelompok kerja (Pokja) termasuk dalam hal distribusinya, namun dalam implementasinya diduga dilakukan oleh pihak tertentu, sehingga bantuan itu tidak sampai kepada masyarakat yang laik menerima.

“Indikasinya pada kegiatan bantuan Alsintan itu, seharusnya dikelola oleh Pokja, namun tidak dikelola oleh Pokja, melainkan oleh pihak-pihak tertentu,” pungkasnya dugaannya.

Mungkin Menarik :

DPRD Gelar Rapat Kerja, Dinsos Lotim Sampaikan BPNT Tidak Ada Persoalan

Dicky

Resmi. Oknum Pol-PP Lotim Penganiaya Wartawan Akhirnya Dilaporkan ke Polisi

Edi Suryansyah

Perekrutan marshal yang cendrung tertutup, Tokoh pemuda Desa Tumpak angkat bicara.

Edi Suryansyah

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Dentuman di Langit Bali

Dicky

Satresnarkoba Polresta Mataram Musnahkan 5 Gram Sabu

Dayat

Berpotensi Timbulkan Kecelakaan Lalulintas, Polsek Senggigi Bersihkan Pohon yang Menghalangi Jalan

Dayat