Terpisah Puluhan Tahun, Alumni Bentuk IKAT-89 MTsN Mataram

AmpenanPost. Alumni Madrasah Tsanawiyah Negeri atau MTsN Mataram, Ahad (29/11), menggelar Reuni Perdana di Lesehan Green Asri, Sayang-Sayang. Dalam gelaran reuni sederhana yang dibalut nuansa silaturrahmi tersebut, para alumni yang selama 31 tahun satu sama lain tidak ada kontak membentuk organisasi Ikatan Keluarga Alumni Tahun 1989 yang disingkat IKAT-89 MTsN Mataram.

Abdul Manan, salah satu inisiator reuni alumni MTsN Mataram, yang seiring perjalanan waktu berubah menjadi MTsN 1 Mataram mengungkapkan, terbentuknya wadah dan pengurus organisasi IKAT-89 MTsN Mataram merupakan wujud kecintaan dan kepedulian para alumni.

“Saat di bangku sekolah (MTsN Mataram, red) dulu kita diajarkan aqidah-akhlaq, dimana di dalamnya terdapat bagaimana akhlaq murid kepada guru, bagaimana etika murid terhadap lembaga dimana ia pernah menuntut ilmu,” ungkap Manan yang saat ini menjadi tenaga pendidik di MTsN Kuripan, Lombok Barat.

Menurutnya, pengurusan inti IKAT-89 MTsN Mataram yang terbentuk adalah langkah awal, yang memiliki tugas berat dalam upaya mencari dan mendata semua alumni khususnya alumni tahun 1989.

“Bisa kita katakan pengurus inti yang terbentuk hari ini adalah presidium, karena alumni khususnya tahun 1989 tidak semuanya hadir. Namun pengurus yang nantinya akan dilengkapi sesuai kebutuhan ini, mengemban amanah dan tanggung jawab besar dalam membangun dan menentukan arah organisasi,” ujarnya.

“Termasuk tugas untuk mencari teman-teman alumni yang belum terdata,” imbuhnya.

Para alumni tahun 1989 MTsN 1 Mataram itu bersepakat bahwa di dunia pendidikan, tidak mengenal istilah adanya istilah mantan ataupun bekas guru.

“Tidak ada yang namanya bekas atau mantan guru. Guru yang telah mendidik dan mengajar kita dulu, ya tetap guru kita sama dengan ibu-bapak kita,” timpal Indriawati.

“Jadi, organisasi alumni yang terbentuk nantinya akan berupaya agar para alumni bisa memberikan sumbangsih, untuk kemajuan MTsN 1 Mataram terlebih bagi guru-guru, yang pernah menuangkan ilmu dan pengetahuan kepada kami,” lanjutnya.

Untuk diketahui, dalam pemilihan pengurus inti M. Tajir Asyjar terpilih selaku Ketua IKAT-89 MTsN Mataram, didampingi sekretaris Baiq Mustika Nurdiana dan bendahara Baiq Nining Kurniatun. Reuni Alumni MTsN Mataram yang dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehaatan penanganan Covid-19 itu, diisi juga dengan berbagai cerita atau kisah nostalgia semasa di sekolah. Tepat pukul 14.00 Wita acara reuni berakhir dengan sesi foto bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here