Polres Bima Gelar Latihan Tactical Floor Games Sispam Kota

AmpenanPost. Menghadapi pelaksanaan tahapan Pemilu Kada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Bima, untuk mendapat gambaran sistem pengamanan dari stakeholder yang terlibat dalam pengamanan.

Pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2020 pukul 10.00 wita bertempat di Mako Polres Bima telah berlangsung kegiatan latihan Tactical Floor Games Sispam Kota dalam rangka pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2020.

Kegiatan latihan Tactical floor games ( TFG) di hadiri danndi saksikan oleh Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.I.K. , Asisten 1 Pemkab Bima H. Putarman, Kasdim 1608 Bima Mayor Inf Syahrudin, Ketua Bawaslu Kab. Bima Abdullah, SH.

Kemudian Kepala Bandara Sultan M. Salahuddin Bima I Kadek Yuli Sastrawan S.I Kom S.ST., Wadanyon C Pelopor Brimob Bima AKP Bambang Martha, S.I.K., Wadanyon C Pelopor Brimob Bima AKP Bambang Martha, S.I.K., Waka Polres Kompol Edi Sosanto, S.Sos. , Kabag Ops Polres Bima Kompol Jamaluddin, S.Sos. , Kasat Pol PP Kab. Bima Suhardin, Danramil 1608-04 Woha Kapten Inf Sukahar.

Begitu juga Pasi Ops Kodim 1608 Bima Kapten Inf Iwan Suryawinar, Plt Kadishub H. Arifuddin ,PJU Polres Bima. Perwakilan BPBD Kab. Bima, Perwakilan Dinas Damkar Kab. Bima.

Kapolres Bima dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas waktu dan kesempatan kepada tamu undangan yang menyempatkan hadir.

“Adapun tujuan undangan dari kami yaitu untuk menjelaskan secara tehnis terkait pengamanan tahapan pilkada yang nantinya kita akan hadapi bersama, kami berharap agar semua unsur terutama dari Pemerintahan untuk peran aktif dalam pelaksanaan Pilkada kami pihak Kepolisian dan TNI hanya sebagai pengaman saja. ” Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Bima menyampaikan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, melalui Tactical Floor Game ini.

Diharapkan pula seluruh stakeholder dapat memahami peranan dan fungsinya masing-masing didalam pengamanan Pemilukada Kab. Bima tahun 2020.

“Kita tidak boleh underestimate, kita antisipasi kemungkinan yang terburuk dalam pengamanan Pilkada Kabupaten Bima tahun 2020 termasuk pengamanan VVIP, pengamanan jalur maupun logistik pemilu juga merupakan bagian dari sistem pengamanan ini dan diharapkan melalui latihan ini diharapkan semua rencana operasi pengamanan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan aman dan lancar.” Harapnya

Kapolres menyampaikan juga, sebagai antisipasi eskalasi massa nanti akan membagi dua kekuatan personil, yaitu 2/5 kekuatan dan 1/2 atau kekuatan penuh, namun itu semua tergantung situasi dan kondisi yang akan terjadi nanti.

Untuk mengantisipasi akan membagi posisi/penempatan personil dalam bentuk ring yaitu ring 1 di halaman KPU yang terdiri dari Pasukan Brimob dan TNI dan Gabungan Intel Reskrim, Ring kedua diluar halaman KPU terdiri dari Pasukan Brimob, TNI dan Sabhara.

Serta untuk Ring tiga dijalur utama yang terdiri dari Pasukan Polres Bima dan brimob dan untuk jalur FKIP/darurat sudah kami sediakan melalui jalur belakang kantor KPU Kab. Bima dan untuk pasukan yang akan melakukan pengamanan akan dilakukan oleh Pasukan Brimob.

Kasubbag Humas Polres Bima Akp Hanafi menghimbau dan mengajak seluruh tokoh politik, tokoh agama, tokoh masyarakat , tokoh pemuda, ornas, kelompok masyarakat Bima, LSM untuk mendukung stabilitas Katibmas yang kondusif, sehingga dapat tercapai yang kita dambakan yakni Bima Aman, damai dan kondusif dapat terwujud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here